16 Parpol Daftarkan Bacaleg ke KPU Lampung - RILIS.ID

16 Parpol Daftarkan Bacaleg ke KPU Lampung
[email protected]
Rabu, 2018/07/18 09.12
16 Parpol Daftarkan Bacaleg ke KPU Lampung
Ketua KPU Provinsi Lampung, Nanang Trenggono. FOTO: RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Sebanyak 16 partai politik peserta Pemilu 2019 sudah mendaftarkan berkas pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU Lampung, hingga Selasa (17/7/2018) malam pukul 20.00 Wib. 

Keenam belas parpol itu yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra, Nasdem,  Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Hanura, PKPI, PSI, Garuda, Berkarya dan ditutup Perindo.

"Jadi 16 parpol sudah mendaftarkan semua hingga malam ini tadi ditutup pukul 24.00 Wib, " kata Komisioner KPU Provinsi Lampung Divisi Hukum M Tio Aliansyah. 

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Lampung, Nanang Trenggono menjelaskan, setelah parpol mendaftakan bakal calon anggota legislatifnya, maka pihaknya segera melakukan verifikasi syarat pencalonan dan syarat calon.

"Untuk pendaftaran terakhir sampai Selasa pukul 24.00 WIB, kita tidak ada perpanjangan pendaftaran. Setelah itu kita cek yang paling utama adalah syarat pencalonan dan syarat calon," jelasnya.

Sesuai PKPU 20 Tahun 2018 untuk syarat pencalonan yang wajib dipenuhi partai politik yaitu, diajukan oleh pimpinan parpol sesuai tingkatan, calon maksimal 100% dari kursi yang diperebutkan perdapil, keterwakilan perempuan 30% dengan sistem zipper per dapil.

"Kemudian yang keempat adalah calon harus menyetujui fakta integritas untuk tidak pernah menjadi mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi," jelasnya.

Nanang menegaskan, KPU Provinsi Lampung mempersilahkan kepada masyarakat atau publik untuk memberikan tanggapan mengenai bakal calon anggota legislatif yang maju dalam pemilihan umum (Pemilu) 2018 mendatang.

"Kita juga menerima masukan dari masyarakat untuk menilai trackrecord bacaleg. Kalau ada bacaleg yang pernah menjadi koruptor, narkoba dan pelecehan seksual anak, maka bisa diganti calon tersebut oleh parpol yang bersangkutan," jelasnya. 

Sesuai tahapan pemilu, setelah pengajuan daftar calon maka dilanjutkan verifikasi administrasi daftar calon. Kemudian pada 19-21 Juli 2018 penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi kepada parpol. Kemudian 22-31 Juli 2018 perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota serta pengajuan bakal calon pengganti. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)