2020, Loekman Targetkan Lamteng sebagai Lumbung Pangan - RILIS.ID
2020, Loekman Targetkan Lamteng sebagai Lumbung Pangan
Subrata
Kamis | 21/03/2019 15.34 WIB
2020, Loekman Targetkan Lamteng sebagai Lumbung Pangan
Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menyerahkan cenderamata kepada Kepala Bappeda Lampung Herlina Warganegara dalam acara Musrenbang RKPD 2020 di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Kamis (21/3/2019). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Lampung Tengah – Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2020 di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Kamis (21/3/2019).

Musrenbang tersebut dihadiri Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo yang diwakili Kepala Bappeda Herlina Warganegara, Wakil Ketua DPRD Lamteng Raden Sugiri, Sekkab Adi Erlansyah, para asisten dan staf ahli bupati, para kepala OPD serta camat se-Lampung Tengah.

Dalam sambutannya, Bupati Loekman mengatakan bahwa musrenbang merupakan forum bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan untuk melakukan musyawarah dan menyepakati RKPD 2020.

Forum ini, lanjut dia, merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam proses perencanaan pembangunan tahunan daerah sebagai acuan dalam penyusunan RAPBD Tahun 2020.

Loekman menjelaskan ada beberapa hal yang menjadi permasalahan dan tantangan utama dalam pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah, yaitu pelayanan pendidikan dan kesehatan yang masih belum optimal; masalah stunting dan pengentasan kemiskinan.

Kemudian produksi dan pemasaran hasil pertanian di tingkat petani belum maksimal dan masih banyaknya kondisi infrastruktur yang perlu peningkatan dan perbaikan.

“Pembenahan birokrasi menuju E-Government serta peningkatan kesejahteraan dan disiplin PNS,” ujarnya.

Bupati mengajak seluruh pihak untuk menjaga kondisi keamanan dan ketertiban, serta potensi konflik sosial.

Termasuk pengelolaan sumber daya alam yang belum mencapai tahap peningkatan kualitas hidup lingkungan masyarakat.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Bupati Loekman memprioritaskan peningkatan kualitas SDM, ekonomi masyarakat, kualitas infrastruktur, tata kelola pemerintahan. Juga peningkatan keamanan dan ketertiban, persatuan dan kesatuan serta gotong royong.

“Pengelolaan SDA dan lingkungan hidup yang berkelanjutan dengan prioritas tersebut secara bertahap diharapkan dapat mewujudkan Lampung Tengah sebagai lumbung pangan yang aman, maju dan sejahtera,” paparnya.

Bupati juga menekankan kepada seluruh kepala OPD dan camat untuk menyatukan langkah dan gerak dengan menyusun program inovatif dengan target kinerja yang terukur.

“Dan kepada OPD yang terkait dengan pelayanan publik, agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Jangan ada pungli (pungutan liar),” tegasnya.

Kepada camat, Loekman berharap agar dapat membina dan mengawasi pelaksanaan pemanfaatan dana alokasi kampung.

Dia juga mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan Pemilu 2019 dengan menjaga ketertiban dan keamanan wilayah masing-masing. Sehingga tercipta iklim kondusif yang telah terjaga selama ini.

“Termasuk empat komitmen yang harus dipegang teguh yaitu niat yang sama, langkah yang sama, suara yang sama dan tujuan yang sama,” pungkasnya. (Advertorial)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID