5 Fakta Menarik Soal Pesawat, Traveler Wajib Tahu! - RILIS.ID
5 Fakta Menarik Soal Pesawat, Traveler Wajib Tahu!
[email protected]
Kamis | 18/07/2019 11.18 WIB
5 Fakta Menarik Soal Pesawat, Traveler Wajib Tahu!
Ilustrasi

RILIS.ID, – Moda transportasi pesawat seringkali dipilih traveler untuk bepergian sebab waktu perjalanan akan lebih ringkas dan traveler bisa tiba di tempat tujuan tepat waktu.

 

Dibandingkan dengan moda transportasi lain, liburan dengan menggunakan pesawat memang memiliki banyak keuntungan. Salah satunya dapat memangkas waktu yang lebih banyak. Apalagi saat ini banyak sekali tiket promo pesawat yang bisa kamu dapatkan dengan mudah sehingga banyak traveler yang lebih memilih untuk menggunakan pesawat.

 

Namun, ketika melalui perjalanan terbang menggunakan pesawat, ternyata banyak fakta menarik yang kerap luput oleh penumpang pesawat. Padahal dengan mengetahui fakta tentang pesawat, kamu jadi bisa mempersiapkan liburan dengan lebih baik. Nah, kalau tiket Malindo Air sudah di tangan dan kamu masih ragu dengan perjalanan udara yang akan kamu tempuh, sebaiknya simak fakta menarik tentang pesawat saat terbang berikut ini.

 

1. Lubang ‘penyelamat’ di jendela

Buat yang sudah pernah naik pesawat, pernah tidak, sih, kamu memerhatikan lubang kecil yang terdapat di panel jendela? Meski seringkali penumpang pesawat tidak memerhatikan hal tersebut, nyatanya lubang kecil tersebut dibuat khusus untuk menyeimbangkan suhu hangat dan dingin dari luar dan dari dalam pesawat. Selain itu, lubang kecil juga berperan penting untuk mengelola tekanan supaya penumpang aman.

 

2. Ekor pesawat jadi tempat yang paling aman

Sebuah studi yang dilakukan oleh Popular Mechanics menyatakan bahwa ekor pesawat adalah tempat teraman dengan tingkat risiko kecelakaan paling kecil di dalam pesawat. Para peneliti dari Time pun membeberkan kalau potensi hidup bagi penumpang yang duduk di baris paling belakang lebih tinggi dibandingkan dengan penumpang yang duduk di bagian tengah pesawat.

Selain itu, ada hal lain yang membuat kamu harus memilih kursi paling belakang di pesawat. Mulai dari mendapatkan pelayanan ekstra, mendapatkan snack dan makanan yang lebih cepat, berkesempatan mendapatkan bagasi kabin, dekat dengan toilet, dekat dengan pintu keluar, hingga bebas memiringkan sandaran bangku tanpa harus merasa bersalah.

 

3. Penumpang pesawat lebih emosional

Menurut survei, penumpang pesawat umumnya cenderung merasa lebih emosional ketika berada di ketinggian. Kebanyakan penumpang akan menonton film, mendengarkan musik, atau hanya duduk sambil memikirkan banyak hal. Secara ilmiah, peningkatan emosional saat melakukan perjalanan dengan pesawat sangat umum terjadi.

 

4. Kehilangan air

Tahukah kamu kalau udara kering di dalam pesawat ketika terbang menyebabkan 8 ons air per jam yang berada di pesawat hilang begitu saja. Nah, jika perjalanan udara yang kamu tempuh memakan waktu hingga 10 jam, itu artinya kamu akan kehilangan 2 liter air.

Oleh sebab itu, setiap penumpang pesawat diwajibkan untuk banyak minum air agar tidak mengalami dehidrasi selama berada di dalam pesawat. Tak perlu khawatir bila kamu jadi sering buang air kecil. Kamu bisa menyiasatinya dengan memilih tempat duduk yang dekat dengan toilet sehingga kamu tak perlu mengantre saat ingin ke toilet.

 

5. Tekanan udara membuat tangan dan leher kering

Kalau sudah sering naik pesawat, pernahkah kamu menyadari kalau tangan dan leher kamu menjadi kering? Hal ini sebenarnya wajar terjadi sebab kelembapan di dalam kabin pesawat sangat kecil, yakni angkanya hanya berada di kisaran 20 persen. Angka ini tidak jauh berbeda dengan kondisi Gurun Sahara. Jadi, jangan heran kalau tangan dan leher menjadi kering selama menempuh perjalanan udara.

 

Itu dia sejumlah fakta tentang pesawat yang wajib kamu ketahui. Dengan mengetahui sederet fakta tersebut, kamu jadi bisa semakin yakin dan tidak ragu lagi untuk memilih pesawat terbang sebagai moda transportasi untuk liburan. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID