6.401 CJH Lunasi BPIH Gelombang Pertama - RILIS.ID
6.401 CJH Lunasi BPIH Gelombang Pertama
Bayumi Adinata
Senin | 22/04/2019 18.26 WIB
6.401 CJH Lunasi BPIH Gelombang Pertama
Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Lampung Istituningsih. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Bayumi Adinata

RILIS.ID, Bandarlampung – Sebanyak 6.401 calon jamaah haji (CJH) melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) gelombang pertama yang ditutup pada 15 April lalu.

Sementara gelombang kedua akan dibuka pada 30 April sampai 10 Mei. Jumlah CJH yang belum melunasi BPIH mencapai 619 orang.

Kepala Sub Bagian Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung Istituningsih mengatakan pelunasan BPIH gelombang kedua diperuntukkan bagi CJH yang gagal sistem.

“Artinya, calon jamaah haji yang sudah mendaftar tetapi belum masuk ke sistem dikarenakan error sistem onlinenya saat mendaftar,” kata Tuti, sapaan akrabnya, Senin (22/4/2019).

Menurut Tuti, jamaah pendamping bagi CJH dapat diganti jika pendamping tersebut sudah tua. Syaratnya, pendamping yang dimaksud sudah terdaftar dalam daftar tunggu sejak 1 Januari 2017.

“Kemudian untuk gabungan suami istri jika terpisah keberangkatannya, misalnya istrinya berangkat haji tahun ini, sedangkan suami di tahun mendatang, maka bisa ikut berangkat haji mendampingi istrinya dengan catatan sudah terdaftar 1 Januari 2017,” terangnya.

Mengenai jadwal keberangkatan, Tuti mengaku akan dibagikan pada tanggal 6-7 Juli mendatang.

Selain itu, proses geometrik tahun ini dilaksanakan sebelum pembuatan visa. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana CJH sudah memiliki visa dan proses geometrinya dilakukan ketika hendak berangkat.

“Nah tahun ini berbeda, (CJH) harus melakukan geometrik dulu, baru memiliki visa. Ini sudah aturan pemerintah Arab Saudi,” ujarnya.

Nantinya menurut Tuti, saat tiba di bandara Arab Saudi, CJH langsung naik bus dan tidak menjalani pemeriksaan geometrik lagi.

“Karena pada waktu tahun lalu banyak pemberitaan media para CJH terlantar, tetapi itu bukan terlantar, namun mereka sedang melakukan proses geometrik,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Biro Kesejahteraan dan Sosial Pemprov Lampung Ratna Dewi mendata ada sebanyak 7.074 CJH dan pendamping asal Lampung yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada tahun ini. Terdiri dari 7.020 CJH dan 54 penyelenggara haji.

“Mereka akan kita berikan subsidi ongkos transit daerah ke Bandara Halim Perdana Kusuma sebesar Rp4 juta. Sedangkan CJH akan fasilitas dana sebesar Rp6 juta dari anggaran haji yang telah dilunasi,” katanya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID