Bupati Tulangbawang Terima Penghargaan WTP - RILIS.ID
Bupati Tulangbawang Terima Penghargaan WTP

Rabu | 24/10/2018 15.40 WIB
Bupati Tulangbawang Terima Penghargaan WTP
Wagub Lampung Bachtiar Basri menyerahkan penghargaan opini WTP kepada Bupati Tulangbawang Winarti di GSG Semergow Kanwil DJPb, Rabu (24/10/2018). FOTO: DISKOMINFO TUBA

RILIS.ID, Bandarlampung – Bupati Tulangbawang (Tuba) Winarti menerima penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2017 di GSG Semergow Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Lampung, Rabu (24/10/2018).

Winarti didampingi Kepala BPKAD Tuba Rustam Effendi, Inspektur Pahada Hidayat, Kadiskominfo Gunawan, Kadis Pariwisata Yenny Karmini Utari, dan sejumlah pejabat lainnya.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Tuba ini berharap dengan diraihnya WTP empat kali berturut-turut kian memacu jajarannya dalam melaksanakan pengelolaan anggaran dengan baik.

“Ini awal bagi saya untuk lebih baik lagi, baik dalam hal penggunaan mau pun pelaporan anggaran Pemkab Tuba," kata Bunda Winarti usai menerima penghargaan WTP yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri.

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap peraih WTP adalah tergantung pemimpinnya.

“Untuk semua kepala daerah di Lampung tolong jaga komitmen dalam hal penganggaran yang baik, sebab penggunaan anggaran yang baik dan pelaporan yang baik akan menghasilkan pembangunan yang baik bagi masyarakat, jangan ada lagi pemimpin daerah kita yang berurusan dengan hukum," ujarnya.

Sementara Kakanwil DJPb Provinsi Lampung Alfiker Siringoringo menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para kepala daerah penerima opini WTP.

“Saya juga ucapkan terima kasih atas kedatangan Pak Wakil Gubernur, berikut Bapak dan Ibu bupati/walikota di GSG Semergow," tuturnya.

Selain itu, masih kata Bachtiar, bahwa laporan keuangan yang mendapat opini WTP minimal memiliki dua implikasinya dan penggunaan anggaran tentu lebih ekonomis serta laporan keuangan adalah media informasi keuangan sehingga keputusan yang diambil atas kebijakan memiliki sifat yang baik.

“Implikasi merupakan keputusan pemda atas penggunaan anggaran berguna pada masyarakat. Bisa dibuktikan dengan hasil pekerjaan di lapangan, bermanfaat bagi masyarakat, begitu pula indikator pembangunan berdasarkan WTP, pemda yang telah mendapatkan empat kali berturut-turut dan memiliki indikator lebih baik berdasarkan indeks pembangunan manusia (IPM) lebih baik dari daerah lain," papar Alfiker.

Dia menambahkan ada 13 pemda yang menerima WTP sama dengan tahun kemarin. Ke depannya, ia berharap setiap rupiah anggaran yang digunakan bisa dipertanggungjawabkan secara akuntabel berdasarkan asas manfaat.

Selain Tuba, sejumlah pemerintah kabupaten dan kota lain juga menerima opini WTP. Di antaranya Kota Bandarlampung, Metro, Lampung Barat, Pringsewu, Mesuji, Tulangbawang Barat, Tanggamus, Lampung Selatan, Lampung Utara, Pesawaran, Waykanan, dan Pemprov Lampung. (ADV)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID