Diminta Setor 15 Persen, Sibron Hanya Sanggup 12 Persen -Sidang Lanjutan Khamami - RILIS.ID
Diminta Setor 15 Persen, Sibron Hanya Sanggup 12 Persen -Sidang Lanjutan Khamami
PENULIS : Tri Nur Imansyah, Rilis.id
Sabtu, 2019/06/29 13.18

RILIS.ID, ; RILIS.ID, Bandarlampung – Sidang lanjutan kasus dugaan fee proyek infrastruktur di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mesuji kembali digelar di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Jumat (28/6/2019).

Jaksa penuntut umum menghadirkan lima orang saksi untuk terdakwa Khamami (Bupati Mesuji nonaktif), Taufik Hidayat (adik kandung Khamami), dan Wawan Suhendra (mantan Sekretaris Dinas PUPR Mesuji).

Kelima saksi itu adalah Sibron Azis (Bos PT Subanus Group), Kardinal (swasta), Silvan Fitriando dan Nurmala (Pegawai administrasi Subanus Group), serta Dina Veranika Sagita (Tenaga honorer Mesuji). Sibron dan Kardinal adalah terpidana kasus fee proyek infrastruktur di Dinas PUPR.

Keduanya sudah dijatuhi hukuman 27 bulan penjara pada 13 Juni lalu. Baca juga: Suap Bupati Mesuji, Sibron Aziz dan Kardinal Divonis 27 Bulan Penjara JPU menghadirkan Sibron dan Kardinal terkait komitmen fee yang diberikan kepada Bupati Mesuji nonaktif Khamami melalui Taufik Hidayat.

Di hadapan majelis hakim yang diketuai Siti Insira, JPU Wawan Yunarwanto mempertanyakan besaran fee proyek kepada Sibron. “Bisa saksi jelaskan mengenai teknis fee proyek 15 persen,” tanya Wawan kepada Sibron.

“Pemberian fee awalnya 15 persen, kemudian kami tidak sanggup dengan pemberian itu, hanya sanggup 12 persen, dibayar setelah proyek selesai,” jawab Sibron.

Menurut dia, total pemberian fee sebesar Rp 1,58 miliar. Dana tersebut diserahkan setelah proyek rampung. “Masih kasbon diawal, pembayaran pertama Rp 200 juta bulan Mei, dan Rp 100 juta pada Agustus, dan terakhir setelah proyek Rp 1,28 miliar di bulan Januari 2019,” ungkap Sibron. Wawan menyampaikan kesaksian Sibron dan Kardinal untuk mengulas dan mengklarifikasi fakta hukum. (*)



Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID