Disnaker Bandarlampung Terima Penghargaan ISO 9001:2015 - RILIS.ID
Disnaker Bandarlampung Terima Penghargaan ISO 9001:2015
El Shinta
Senin | 26/08/2019 19.08 WIB
Disnaker Bandarlampung Terima Penghargaan ISO 9001:2015
Wali Kota Herman HN menerima penghargaan sertifikat sistem manajemen mutu SNI ISO, di Ruang Rapat Wali Kota, Senin (26/8/2019). FOTO RILISLAMPUNG.ID/El Shinta

RILIS.ID, Bandarlampung – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bandarlampung memperoleh sertifikat sistem manajemen mutu SNI ISO 9001:2015 dari lembaga sertifikasi manajemen PT TAFA Sertifikasi Indonesia (TSI), Senin (26/8/2019).

Kepala Disnaker Bandarlampung, Wan Abdurrahman mengatakan, sertifikat itu diterima pada 5 Agustus lalu. Penilaiannya berdasarkan pada pelayanan standar mutu terhadap masyarakat yang berstandar internasional.

"Pengadaan ini dari Kemenaker RI tapi melalui pihak swasta yakni PT Rajawali. Sertifikat ini terkait masalah pelayanan kita terhadap pengaduan buruh dan pelayanan bagi perusahaan," kata Wan. 

Dia menjelaskan, dengan adanya sertifikat tersebut pelayanan dapat semakin meningkat. Baik pelayanan yang dilakukan secara online maupun offline, seperti pembuatan kartu kuning dan sebagainya.

"Untuk pelayanan kartu kuning sekarang bisa melalui website www.ipkol-bandarlampung.com, yang terintegrasi dengan website Kemenaker. Silahkan input data dan datang ke Disnaker untuk mencetak kartu kuning," katanya.

Pelayanan online juga sudah berjalan dan diperkuat dengan Peraturan Wali Kota Nomor 27 Tahun 2019 tentang pelayanan penempatan kerja dan perluasan kesempatan kerja berbasis online.

"ISO ini pernah diraih pada 2015, tetapi hanya terkait pelayanan kartu kuningnya saja. Kalau yang saat ini terkait pelayanan yang menyeluruh," terangnya.

Baik pelayanan tenaga kerja asing yang kerja disini dan tenaga kerja Indonesia yang keluar di luar. Pelayanan ini dilakukan secara online sistem yang terkoneksi dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI.

Wali Kota Bandarlampung, Herman HN, mengaku bangga dengan hasil yang diraih oleh Disnaker, sehingga kedepannya dapat terus ditingkatkan.

"Diperolehnya sertifikat ini merupakan kerja keras Kepala Disnaker dan seluruh stafnya melalui perintah wali kota agar melayani buruh dan perusahaan dengan baik," ungkapnya.

Menurutnya, hal tersebut tak terlepas dari program jemput bola untuk turun langsung ke perusahaan untuk mendengarkan permasalahan yang ada.

"Kita tanya permasalahan yang ada di perusahaan-perusahaan. Baik buruh maupun pihak perusahanaannya. Dan cepat kita selesaian," ujarnya.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID