Duh, Pemprov Cuma Andalkan Pemkab Atasi Kekeringan di Lamteng - RILIS.ID
Duh, Pemprov Cuma Andalkan Pemkab Atasi Kekeringan di Lamteng

Kamis | 22/08/2019 22.30 WIB
Duh, Pemprov Cuma Andalkan Pemkab Atasi Kekeringan di Lamteng
Warga Kampung Purnama Tunggal, Kecamatan Waypengubuan, Lampung Tengah saat mengambil air bersih.FOTO RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, BANDARLAMPUNG – Warga Kampung Purnama Tunggal, Kecamatan Waypengubuan, Lampung Tengah (Lamteng) sepertinya harus lebih bersabar dalam menghadapi kekeringan yang melanda daerahnya.

Sebab, bantuan yang bisa mereka andalkan saat ini hanya dari pemkab setempat. Sementara dari Pemprov Lampung sepertinya tidak akan turun. Sebab, pemprov menilai kekeringan yang terjadi di kampong tersebut hanya kauistik.

Diberitakan sebelumnya, dampak musim kemarau sejak dua bulan terakhir mengakibatkan warga Kampung Purnamatunggal, Waypengubuan, Lamteng harus berjalan kaki hingga satu kilometer (km) hanya untuk mendapatkan air bersih. (Baca: Kemarau di Lamteng, Warga Jalan Kaki 1 Km untuk Air Bersih).

Kepala Dinas Sosial Pemprov Lampung Sumarju Saini mengatakan, penanganan di kampung tersebut sebenarnya bisa dilakukan Pemkab Lamteng. Sebab, menurutnya, permasalahan di sana dapat dipecahkan dengan cara koordinasi dengan BPPD, PDAM atau perusahaan sekitarnya.

Dia menjelaskan, Provinsi Lampung tidak termasuk daerah darurat kekeringan. Tidak seperti Banten, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menetapkan status siaga darurat kekeringan.

”Informasi kita dapatkan dari Plh. Kepala Pusat Data dan Informasi dan Humas BNPB Agus Widodo,” kata dia.

Dia menilai, kasus kekeringan yang terjadi di Lamteng belum mendapat perhatian karena pemangku kepentingan di kabupaten setempat belum menerima laporan atau permintaan dari aparat kampung setempat.(*)

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID