Kemenag Surati DPR Dorong Status Bandara Radin Inten II - RILIS.ID
Kemenag Surati DPR Dorong Status Bandara Radin Inten II
Bayumi Adinata
Selasa | 31/07/2018 15.31 WIB
Kemenag Surati DPR Dorong Status Bandara Radin Inten II
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Sulis Wanto

RILIS.ID, Bandarlampung – Kanwil Kemenag Provinsi Lampung mengirim surat kepada DPR RI, terkait status Bandara Radin Inten II yang belum juga ditetapkan sebagai bandara internasional.

Kakanwil Kemenag Lampung, Suhaili mengatakan telah mengirim surat permohonan kepada Komisi VIII DPR RI agar mendorong Menhub Budi Karya Sumadi segera meneken persetujuan status itu.

Menurutnya, persyaratan menjadi embarkasi penuh sudah terpenuhi. Jadi, tinggal menunggu kejelasan dari Menhub.

"Iya kita tinggal menunggu keputusan  Menhub. Kami berharap Komisi VIII DPR RI bisa mendorong Menhub segera tingkatan status menjadi bandara internasional,” jelasnya. 

Suhaili mengatakan bahwa peningkatan status Bandara Radin Inten II sangat dibutuhkan, mengingat sebanyak 18 kelompok terbang (kloter) ke Jeddah masih melalui Jakarta.  Setiap kloternya terdiri dari 393 jemaah. 
"Dengan status bandara internasional, calon jemaah haji (CJH) dari Lampung dapat langsung terbang menuju Jeddah, tidak perlu transit lagi di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta," ucap dia.

Masih kata Suhaili, surat permohonan itu telah direspons Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang. Menurut Suhaili, Marwan segera membuat surat rekomendasi kepada Menhub untuk meningkatkan status bandara ini.

Terkait keberangkatan CJH Lampung 2018, untuk gelombang kedua telah diberangkatkan Senin (30/7/2018) malam yakni Kloter 32 yang berasal dari Kabupaten Lampung Selatan berjumlah 341 orang dan Kota Bandarlampung berjumlah 42 orang dari Bandara Halim Perdana Kusumah menuju Arab Saudi pukul 02.10 Wib.

“Sedangkan malam ini Kloter 33 CJH gelombang kedua yang diberangkatkan berasal dari Kabupaten Tulangbawang berjumlah 287 orang, Lampung Utara 64 orang, dan Bandarlampung 17 orang," tutup Suhaili. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID