Laporan Dana Kampanye Gerindra Rp2,1 M, Demokrat Rp189 Ribu - RILIS.ID

Laporan Dana Kampanye Gerindra Rp2,1 M, Demokrat Rp189 Ribu
Taufik Rohman
Jumat, 2019/01/11 16.53
Laporan Dana Kampanye Gerindra Rp2,1 M, Demokrat Rp189 Ribu
Screenshot dokumen KPU Lampung. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Taufik Rohman

RILIS.ID, Bandarlampung – KPU Provinsi Lampung merilis Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) peserta pemilu 2019.

Partai Gerindra memiliki dana kampanye terbesar Rp2,1 miliar disusul PKS Rp1,7 miliar, dan Partai Golkar Rp1,1 miliar.

Lalu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rp670 juta, PAN Rp572 juta, PPP Rp535 juta, NasDem Rp474,8 juta, dan Partai Hanura Rp301, 8 juta.

Berikutnya, Perindo Rp207,6 juta, PSI Rp190 juta, Partai Garuda Rp162 juta, dan PDIP Rp63 juta.

Partai dengan dana kampanye terkecil adalah Demokrat dengan Rp189 ribu, di bawah PBB Rp7,1 juta, PKPI Rp 10 Juta, dan Partai Berkarya Rp33 juta.  

Ketua DPD Partai Gerindra Lampung Gunadi Ibrahim menyebutkan, dana kampanye itu juga sumbangan dari caleg dan masyarakat. Baik berbentuk uang maupun APK (alat peraga kampanye).

"Rata-rata bantuan itu untuk perjuangan Partai Gerindra di pemilu 2019. Kita gunakan untuk perjuangan, dari rakyat untuk rakyat," ungkapnya, Jumat (11/1/2019).

Dia mengatakan, selain APK, dana kampanye Gerindra tersebut untuk membiayai sosialisasi pertemuan dan kebutuhan saat turun ke lapangan menyapa masyarakat. 

"Yang penting duit itu jelas ada pertanggungjawaban dan masuk rekening partai," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Bappilu DPD I Partai Golkar Lampung, Tony Eka Chandra, mengatakan 95 persen dana kampanye sumbangan dari para caleg. Sisanya pihak ketiga dalam bentuk APK. 

”Dari caleg Partai Golkar sendiri persentasenya 95 persen. Sisanya pihak ketiga itu juga dalam bentuk APK,” jelas Sekretaris Komisi III DPRD Lampung ini.

Disinggung apakah dana mencukupi untuk kampanye sampai April, Tony mengatakan besar kecilnya dana kampanye ditentukan caleg sendiri.

”Semakin besar kampanye yang dilakukan sebanding dengan pengeluarannya. Yang terpenting dalam kampanye itu program yang disampaikan," ucapnya.

Terpisah, Wakil Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat Lampung Toni Mahasan, menyebut dana kampanye merupakan laporan saldo pertama.

Sedangkan saat ini jumlah dana kampanye PD Lampung telah mencapai ratusan juta rupiah dan hampir semuanya dalam bentuk APK. 

”Saya lupa angka pastinya, tapi tidak sampai miliaran. Dana itu sumbangan dari 84 caleg Demokrat," ucapnya. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)