Rapergub Beli Elpiji 3 Kg Pakai E-KTP, Dewan Sarankan Ini - RILIS.ID
Rapergub Beli Elpiji 3 Kg Pakai E-KTP, Dewan Sarankan Ini

Rabu | 28/11/2018 16.26 WIB
Rapergub Beli Elpiji 3 Kg Pakai E-KTP, Dewan Sarankan Ini
ILUSTRASI: RILIS.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Pemprov Lampung melalui Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) merancang Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Tata Niaga dan Pengawasan Pendistribusian elpiji tabung 3 kg di Lampung.

Pergub tersebut nantinya mewajibkan pelanggan beli elpiji 3 kg wajib bawa identitas kartu tanda penduduk (KTP).

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Energi Dinas ESDM Provinsi Lampung, Jefri Aldi, kepada rilislampung.id, Rabu (28/11/2018).

Menurutnya, tujuan rapergub tersebut, adalah dalam rangka melaksanakan distribusi elpiji 3 kg di daerah agar lebih tertib, tepat sasaran, efektif, efisien dan memenuhi aspek keselamatan lingkungan.

Kepala Biro Hukum Pemprov Lampung, Zulfikar membenarkan Dinas ESDM Provinsi Lampung membuat rancangan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Tata Niaga dan Pengawasan Pendistribusian elpiji tabung 3 Kg di Lampung.

Wacana rapergub tersebut yakni bagi masyarakat membeli gas elpiji 3 harus menggunakan e-KTP. 

”Namun kami masih menunggu draf Rapergub itu, kemukiman minggu depan sudah diserahkan ke Biro Hukum," kata dia.

Zulfikar mengatakan draf rapergub tersebut akan dikaji kembali, dikoreksi, dan diteliti agar jangan sampai berdampak bagi masyarakat.

"Jika setuju dan telah memenuhi unsur yang baik akan dilimpahkan kepada Pak Gubernur Lampung," jelasnya.

Ketua DPRD Provinsi Lampung, Dedi Afrizal sangat mendukung rapergub tersebut. Tetapi mesti ditimbangkan lagi apakah kegunaan membeli elpiji 3 menggunakan e-KTP sudah sesuai prosedur.

”Saran saya lebih baik Dinas ESDM Provinsi Lampung mempertimbangkan kembali soal e-KTP, karena tidak bisa kita lihat melalui e-KTP tersebut masyarakat mampu atau tidak mampu rata-rata bentuk e-KTP sama semua," tuturnya. (*)

 

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID