Tangkal Hoaks Jelang Pilkada, Bawaslu Lamsel Gelar Sosialisasi - RILIS.ID
Tangkal Hoaks Jelang Pilkada, Bawaslu Lamsel Gelar Sosialisasi
Agus Pamintaher
Senin | 30/12/2019 20.11 WIB
Tangkal Hoaks Jelang Pilkada, Bawaslu Lamsel Gelar Sosialisasi
Suasana sosialisasi pengawasan pilkada 2020 di Kabupaten Lampung Selatan yang digelar Bawaslu Lamsel, Senin (30/12/2019)/FOTO AGUS PAMINTAHER/RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, LAMPUNG SELATAN – Bawaslu Lampung Selatan (Lamsel) menggelar sosialisasi pengawasan menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020, Senin (30/12/2019).

Sosialisasi bertujuan untuk menangkal berita bohong atau hoaks yang dikhawatirkan beredar menjelang Pilkada 2020 di Lamsel.

Sosialisasi pengawasan pilkada yang dilaksanakan Bawaslu Lamsel di NBR Kalianda itu mengundang partai politik, organisasi masyarakat, dan media.

Ketua Bawaslu Lamsel  Hendra Fauzi  mengatakan, sosialisasi pengawasan Pilkada 2020 di Lamsel merupakan kegiatan perdana. Ia berharap, hal ini menjadi awal yang baik dalam proses pilkada agar berlangsung kondusif, aman, dan profesional hingga gelaran pesta demokrasi selesai.

Menurut dia, mendekati April sampai akhir pemilihan, kemungkinan akan banyak berita hoaks yang beredar. Karenanya, dibutuhkan peran  media untuk memberikan pengarahan yang baik kepada masyarakat.

”Bantu kami untuk bisa bersikap tegas dalam menangani pidana pemilu. Ini butuh peran masyarakat dan tokoh di Lamsel,” ujar Hendra Fauzi. 

Sementara,  Kadiskominfo Lamsel Sefri Masdian mengatakan, terkait netralitas ASN dalam pilkada 2020, semua telah diatur melalui undang-undang dan peraturan yang berlaku. Yang diantaranya mengatur ASN tidak boleh terlibat aktif dalam partai politik dan jika ditemukan akan diberhentikan dengan tidak hormat. 

”Kalau ASN mau terjun ke politik, silakan mengundurkan dari ASN.  Di Lamsel ada satu ASN yang terjun ke politik dan telah mengundurkan diri,” beber Sefri.

Sefri memastikan, Pemkab Lamsel siap mendukung penuh penyelenggaraan Pilkada. Itu bisa dilihat dari adanya ASN yang ditugaskan untuk membantu suksesnya pesta demokrasi di Lamsel. 

”Personel ASN ada yang kami tempatkan juga di Bawaslu Lamsel. Begitu juga dengan informasi berita kepada masyarakat, kami sudah siapkan,” pungkasnya.(*)

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID