Warga Tolak Penambangan Pasir Sekitar GAK - RILIS.ID
Warga Tolak Penambangan Pasir Sekitar GAK
[email protected]
Senin | 02/12/2019 15.53 WIB
Warga Tolak Penambangan Pasir Sekitar GAK
Warga Tolak Penambangan Pasir Sekitar GAK. FOTO: RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Lampung Selatan – Bencana Tsunami yang terjadi hampir satu tahun lalu di Pesisir Rajabasa dan Kalianda, Lampung Selatan masih menyisakan trauma bagi masyarakat.

Sehingga, sejak adanya kejadian penyedotan pasir di dekat Gunung Anak Krakatau (GAK), sejumlah warga menolak aktifitas yang dilakukan perusahaan yang diduga illegal itu.

Seperti dilakukan masyarakat yang menyebut Aliansi masyarakat Peduli Kecamatan Rajabsasa. Mereka menggelar aksi damai mengumpulankan tanda tangan penolakan penambangan pasir di sekitar GAK.

Aksi yang di gelar di Pelabuhan Canti, Senin (2/12/2019) dikawal oleh aparat dari Kepolisian dari Polres Lampung Selatan dan anggota Kodim 0421/LS.

”Kami menolak adanya penambangan Pasir di sekitar GAK yang hanya akan menguntungkan sepihak dan merugikan masyarakat,” tegas Juru bicara masyarakat,  Juhariansyah.

Rencananya, pengumpulan tanda tangan tersebut akan dibawa ke Kabupaten dan Provinsi untuk disampaikan kepada pemerintah bahwa masyarakat menolak adanya penambangan pasir tersebut.

"Aksi pengumpulan tanda tangan penolakan penambangan pasir tersebut, tidak hanya di pelabuhan Canti. Kita terus bergerak yang sebelumnya di Desa Kunjir, Banding dan direncanakan akan melanjutkan aksi tersebut di PPI BOM kalianda," pungkasnya. (*)

Laporan: Kartono

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID