Absen Debat Kandidat, Paslon Dijerat Sanksi Ini - RILIS.ID
Absen Debat Kandidat, Paslon Dijerat Sanksi Ini
Taufik Rohman
Rabu, 2018/03/14 16.45
Absen Debat Kandidat, Paslon Dijerat Sanksi Ini
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Sulis Wanto

RILIS.ID, Bandarlampung – KPU Lampung tidak akan menayangkan iklan sosialisasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung di media cetak maupun elektronik selama 14 hari sebelum masa kampanye berakhir 23 Juni.

Sanksi ini diberikan KPU Lampung jika ada paslon yang tidak hadir dalam debat kandidat. Rencananya, debat kandidat paslon akan digelar sebanyak tiga kali. Masing-masing pada 24 Maret, 28 April dan 11 Mei.

“Jika paslon tidak menghadiri debat kandidat, KPU bisa memberikan sanksi, yaitu tidak menayangkan iklan sosialisasi di media cetak dan elektronik selama 14 hari,” papar Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono kepada rilislampung.id, Rabu (14/3/2018).

Nanang mengakui ada perbedaan debat kandidat pilkada sebelumnya dengan pilkada tahun ini. “Sekarang sifatnya mengikat,” ucapnya.

Meski begitu, KPU tetap memberikan pengecualian bagi paslon yang tidak dapat menghadiri debat kandidat. Pengecualian itu berlaku ketika paslon sakit dan berhalangan tetap seperti meninggal dunia atau meninggal dunia. “Kalau sakit harus ada surat resmi,” tutur Nanang.

Mengenai materi debat dengan durasi 90 menit, KPU tengah membentuk tim pakar yang melibatkan kalangan akademisi dan profesional. “Satu kali debat panelisnya ada tiga. Dan sebelum debat, semua paslon akan diberikan materi,” pungkasnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)