ACT dan Lanal Bagikan Sembako ke Pulau Legundi - RILIS.ID
ACT dan Lanal Bagikan Sembako ke Pulau Legundi

Kamis | 07/06/2018 16.45 WIB
ACT dan Lanal Bagikan Sembako ke Pulau Legundi
Pembagian bantuan dari ACT dan Lanal Lampung kepada masyarakat prasejahtera di Pulau Legundi, Pesawaran, Kamis (7/6/2018). FOTO: ACT Lampung

RILIS.ID, Pesawaran – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung dan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) TNI AL menyalurkan donasi para dermawan melalui Kapal Ramadhan ke warga prasejahtera di Dusun Keramat, Pulau Legundi, Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran, Kamis (7/6/2018). 

Donasi disalurkan dalam bentuk 100 paket sembako. Selain itu ada juga pakaian layak pakai untuk pria, wanita, dan anak-anak. 

Warga begitu antusias dengan kedatangan tim ACT dan Lanal Lampung. Mereka menyambut segala aktivitas yang disampaikan ACT. Tak hanya memberikan donasi, ACT juga memberikan edukasi kepada warga yakni mengenalkan 10 Hak Anak. 

Diketahui, dari jumlah Kepala Keluarga (KK) 888, 65 persen warganya masuk dalam kategori prasejahtera. Selain itu, rata-rata pendidikan 70 persennya hanya lulusan SD. Hanya beberapa persen lulusan SMP dan SMA. 

Branch Manager ACT Lampung, Yungki Purnomo mengatakan bahwa ACT terus bersama semua elemen menjalankan aksi sosial dan menyalurkan amanah para donatur. Salah satunya yang tengah dilakukan pihaknya bersama Lanal di Pulau Legundi. 

"Kalau di dunia internasional, kami sering membantu aksi kemanusiaan. Seperti di Palestina, Rohingya, Somalia, Suriah, dan tidak lupa juga tentunya di negara kita sendiri (Indonesia) yang di mana kita terus bergerak membantu," kata dia. 

Menurutnya, di dalam negeri sendiri pihaknya menggunakan program pemberdayaan masyarakat. Salah satunya program Tepian Negeri. 

"Alhamdulillah hari ini bisa bersinergi dan bisa sambangi tempat ini. Sekaligus mohon izin, kita akan sambangi pulau lainnya. Karena Tepian Negeri ini akan jangkau sosial dan pendidikan. Jadi jika warga di kepulauan ini mengalami persoalan kesehatan dan kesulitan pembiayaan bisa menghubungi kami. Selain itu juga terkait kebencanaan, hingga pendidikan dan lain halnya,” terangnya. 

Di akhir acara donasi para donatur pun disalurkan ke masyarakat yang dikomandoi oleh pamong setempat. ACT berharap donasi yang diberikan dapat bermanfaat dan pihaknya bisa terus menyalurkan donasi ke daerah-daerah lainnya yang membutuhkan. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID