Ada Benih Jagung Diduga Kedaluwarsa, Dinas TPH Didemo - RILIS.ID
Ada Benih Jagung Diduga Kedaluwarsa, Dinas TPH Didemo
Bayumi Adinata
Kamis | 18/07/2019 21.11 WIB
Ada Benih Jagung Diduga Kedaluwarsa, Dinas TPH Didemo
Aksi di depan kantor Dinas TPH Lampung, Kamis (18/7/2019). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – Aliansi Keramat Lampung meminta Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengusut tuntas dugaan penyimpangan bantuan benih jagung dan padi di Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Lampung.

Hal itu disampaikan Koordinator Lapangan (Korlap) Sudirman saat menggelar aksi di depan kantor Dinas TPH Lampung, Kamis (18/7/2019).

Sudirman mengatakan anggaran proyek di Dinas TPH Lampung dari tahun ke tahun selalu meninggalkan bekas luka di hati masyarakat.

Ia menyebut mulai dugaan prosedur pemilihan perusahaan (tender) yang telah dikondisikan; teknis pekerjaan di lapangan; hingga mark-up harga kegiatan pengadaan.

Atau, dugaan pekerjaan fisik yang menyimpang dari RAB dan dokumen kontrak maupun perjanjian kerja yang telah ditentukan. 

Menurutnya hal ini tak lepas dari peran serta keterlibatan KPA selaku penguasa anggaran di Dinas TPH. Terdapat banyak modus praktik pemecahan paket proyek yang disinyalir untuk menghindari tender. 

"Padahal kegiatan itu memiliki ruang lingkup, target, jenis, waktu pelaksanaan, lokasi, dan pemanfaat yang sama," jelasnya

Banyak juga ditemukan dugaan benih jagung yang sudah melewati batas waktu penggunaan (expired) dan adanya dugaan modus jual beli yang terjadi di kelompok tani. 

Bantuan pupuk yang seharusnya dalam bentuk barang juga direalisasikan dalam bentuk uang.

Sayang, Kepala Dinas TPH Achmad Chrisna Putra belum bisa dimintai keterangan. Saat dihubungi nomor ponselnya dalam keadaan tidak aktif. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID