Aksi Caleg Jelang Coblosan: Bagi Handuk, Uang, sampai Rebana - RILIS.ID
Aksi Caleg Jelang Coblosan: Bagi Handuk, Uang, sampai Rebana
Taufik Rohman
Senin | 15/04/2019 16.29 WIB
Aksi Caleg Jelang Coblosan: Bagi Handuk, Uang, sampai Rebana
Anggota Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar usai rakor bersama stakeholder di Hotel Sheraton, Bandarlampung. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Taufik Rohman

RILIS.ID, Bandarlampung – Menjelang coblosan, semakin banyak laporan dugaan pelanggaran pemilu yang masuk ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Ada yang masih informasi awal, tahap penyelidikan, atau sedang proses klarifikasi.

Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah, menyampaikan laporan dugaan pelanggaran berupa money politics rata-rata datang dari tingkat kabupaten.

”Misalnya, di Pesbar caleg NasDem bagi uang, Bandarlampung handuk (PDIP), Lamsel kacamata (Golkar), dan NasDem minyak goreng. Sebelumnya juga sedang ditangani caleg PKB bagi rebana, PKS tatakan gelas, serta Demokrat bagi uang,” jelas Khoir –sapaannya, Senin (15/4/2019).

Anggota Bawaslu Lampung, Iskardo P Panggar, menyebut dari hasil patroli Minggu (14/4/2019), Bawaslu Lamteng juga menemukan adanya caleg yang bagi-bagi minyak goreng.

”Patroli akan terus kita lakukan hingga tingkat paling bawah yakni pengawas TPS dan pengawas pemilihan lapangan (PPL) secara bergantian,” ucap Iskardo.

Kasus terbaru, Bawaslu Lampung Timur sedang menginvestigasi dugaan bagi-bagi uang oleh oknum caleg dari Partai Demokrat.

Penyelidikan dilakukan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Melinting, Lamtim. Tujuannya agar memenuhi syarat materil dan formil untuk diproses.

”Memang ada informasi awal, caleg DPRD provinsi yang diduga dari Demokrat bagi-bagi uang pecahan Rp50 ribu,” ungkap Ketua Bawaslu Lamtim, Uslih, di sela-sela rapat koordinasi stakeholder di Hotel Sheraton, Bandarlampung, Senin (15/4/2019).

Dia menerangkan ada lagi kasus lain.  Seperti caleg kabupaten asal PKB dan PKS yang sedang tahap klarifikasi. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID