AMJ KPU Habis Besok, Inilah 7 Komisioner KPU Lampung Terpilih  - RILIS.ID
AMJ KPU Habis Besok, Inilah 7 Komisioner KPU Lampung Terpilih 
Taufik Rohman
Senin | 14/10/2019 14.41 WIB
AMJ KPU Habis Besok, Inilah 7 Komisioner KPU Lampung Terpilih 
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Akhir masa jabatan (AMJ) Komisioner KPU Provinsi Lampung akan berakhir pada besok Selasa (15/10/2019). 

Sementara itu, KPU RI telah mengumumkan hasil uji kepatutan dan kelayakan (fit and propertest) terhadap 11 calon komisioner KPU Lampung, yang ditandatangani pada 14 Oktober 2019 oleh Ketua KPU RI Arief Budiman. Dari 11 itu yang akan diambil adalah 7 orang sesuai tingkatan urutan hasilnya. 

Menariknya, lima dari tujuh calon Komisioner KPU Lampung terpilih (periode 2019-2024), merupakan petahana penyelenggara Pemilu periode 2014-2019. 

Tiga merupakan petahana KPU Lampung: Erwan Bustami, Antoniyus dan M. Tio Aliansyah. Selanjutnya dua orang lainnya petahana KPU kabupaten/kota: Ismanto (Ketua KPU Tulangbawang Barat) dan Agus Riyanto (Anggota KPU Metro).

Sedangkan dua calon komisioner KPU Lampung lainnya: Ali Sidik berstatus sebagai tenaga pendidik dan Esti Nur Fathonah selaku wiraswasta. Keseluruhan anggota komisioner KPU tingkat provinsi adalah 7 orang.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono, mengatakan, AMJ KPU periode 2014-2019 pada tanggal 15 Oktober 2019 besok. 

"Jadi kemungkinan besar pelantikan tanggal 15 Oktober 2019. Tapi, kapan waktunya adalah kewenangan KPU-RI," ungkapnya. 

Terpisah, Calon Komisioner KPU Lampung terpilih, Antoniyus berharap dengan kembalinya diberi jabatan ini semua komisioner KPU yang terpilih dapat mengemban amanah. 

"Semoga semua anggota KPU bisa mengemban amanah sebaik-baiknya.  Menjaga integritas dan kemandirian, serta lebih profesional. Banyak hal yang harus dilakukan kedepan untuk mewujudkan demokrasi yang lebih baik atau subtansial," ucapnya. 

Sementara itu, Erwan Bustami mengucap syukur atas amanah sebagai penyelenggara pemilu yang kembali dipercayakan kepadanya.

"Alhamdulillah bisa dipercaya kembali, ini merupakan amanah yang harus dijalankan dengan baik. Ini pun berkat doa temen-temen semua,"  ujar Erwan, Senin (14/10/2019).

Begitu pula M. Tio Aliansyah dia juga mengucap syukur kembali diberi amanah sebagai komisioner KPU Lampung periode 2019-2024, dan semoga dapat menjalankan amanah yang telah dipercayakan. 

Sementara, Ketua Tim Seleksi (Timsel) KPU Lampung Tuntut Sinaga menyatakan bahwa ketujuh calon Komisioner KPU Lampung terpilih merupakan para peserta seleksi terbaik.

"Mereka adalah orang-orang terbaik yang bisa bekerjasama atau bersinergi dalam tim," ujarnya.

Tuntun berharap, ketujuh komisioner terpilih yang mayoritasnya petahana penyelenggara pemilu tetap solid dan tetap menjaga integritas serta profesionalismenya.

"Belajar dari pengalaman sebelumnya sebagi penyelenggara pemilu untuk dapat meningkatkan kinerja KPU Provinsi ke depan," pintanya. 

Selain itu, Tuntun mengajak masyarakat untuk turut berperan serta dalam mengawasi kinerja para penyelenggara pemilu yang terpilih.

"Masyarakat dan berbagai kalagan kita harapkan mendukung dan mengawasi mereka agar tetap bekerja dengan baik, profesional dan berintegritas dalam mengemban tugas-tugas yang diamanatkan kepada mereka bertujuh," jelasnya. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID