Arinal Ajak Umat Hindu di Lampung Perkokoh Toleransi - RILIS.ID
Arinal Ajak Umat Hindu di Lampung Perkokoh Toleransi
[email protected]
Sabtu | 29/02/2020 17.43 WIB
Arinal Ajak Umat Hindu di Lampung Perkokoh Toleransi
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menghadiri perayaan Hari Raya Kuningan, Sabtu (29/2/2020). FOTO: BIRO ADPIM PEMPROV LAMPUNG

RILIS.ID, Bandarlampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri acara Pujawali Pura Khayangan Jagat Kerthi Bhuwana dan Perayaan Hari Raya Kuningan, di Pura Khayangan Jagat Kerthi Bhuwana, Way Lunik, Kecamatan Panjang, Bandarlampung, Sabtu (29/2/2020).

Gubernur Arinal menjelaskan Piodalan atau pujawali merupakan perayaan hari jadi tempat suci. Spirit dari perayaan ini adalah sebuah sarana dalam meningkatkan Sradha dan Bhakti Umat Kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) Sebagai Sang Pencipta.

"Selain itu, makna utama dari perayaan ini merupakan kewajiban umat terhadap Dharma Agama, disamping kewajiban kita kepada Dharma Negara," jelasnya.

Hari Raya Kuningan adalah janji untuk melaksanakan swadharma (kewajiban) sebagai bagian dari masyarakat Lampung untuk melaksanakan ajaran Guru Wisesa (Berbhakti kepada Pemerintah) dengan cara menjadi warga negara yang baik dan ikut mendukung program-program Pemerintah.

"Semoga di hari kemenangan dharma atas adharma selalu mengingatkan kita akan hakikat kebenaran yang akan selalu jaya, bukan ketidakbenaran," ujarnya.

Dengan momentum hari suci ini, Arinal berharap umat Hindu mampu memperkokoh toleransi antar umat beragama menuju Lampung yang aman, damai, maju dan sejahtera.

Arinal juga menjelaskan Pemerintah berkewajiban melindungi dan menjamin kesejahteraan masyarakat.  Begitu juga kewajiban utama masyarakat adalah mendukung, mengkritisi, mendorong dan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan program-program pemerintah selaku guru wisesa.

"Oleh karena itu, mari bersama- sama kita saling bahu membahu, saling bersinergi antara pemerintah dengan masyarakat khususnya umat Hindu Provinsi Lampung untuk mencapai tujuan bersama di bumi Lampung yang kita cintai," ujarnya.

Dalam membangun Lampung, lanjut Arinal, diperlukan kemampuan, profesionalitas, dan hati yang bersih, karena di dalam membangun Lampung harus dibangun dengan keikhlasan. Karena keikhlasan itu awal dari pada keberhasilan.

"Telah banyak yang kita rencanakan dalam membangun Lampung, dan insya Allah dalam waktu dekat akan kita laksanakan seperti ekonomi kerakyatan dan Kartu Petani Berjaya. Oleh karena itu kita harus bersatu dalam membangun Lampung," pungkasnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID