Arinal: Syaratnya Harus Pandai - RILIS.ID
Arinal: Syaratnya Harus Pandai
Bayumi Adinata
Senin | 29/04/2019 20.13 WIB
Arinal: Syaratnya Harus Pandai
Arinal Djunaidi

RILIS.ID, Bandarlampung – Beredanya nama-nama pejabat yang akan masuk dalam kabinetnya ditanggapi Gubernur Lampung terpilih Arinal Djunaidi.

Kepada Rilislampung.id, Arinal menjelaskan kriteria pejabat yang akan digunakan untuk membantunya dalam menjalankan roda kepemimpinan sebagai gubernur terpilih.

Mantan Sekretaris Provinsi Lampung ini mengatakan, kriteria pejabat yang akan masuk kabinetnya adalah yang paham di bidangnya. Contohnya Dinas Kelautan dan Perikanan, maka kepala dinasnya harus diisi pejabat yang tahu di bidang tersebut. ”Jangan malah diisi pejabat lulusan sarjana hukum!” ujarnya.

Atau, lanjut dia, Dinas Pemukiman dan Perumahan, tidak boleh diisi pejabat yang background pendidikannya sarjana pemerintahan. Kemudian Dinas Pertanian Tanaman dan Hortikultura, tidak bisa dijabat kepala dinas yang alumnus kedokteran hewan.

”Itu nanti harus saya lakukan. Jika tetap terjadi, rontok dunia ini. Siapa yang akan bertanggungjawab?” tegasnya.

Dia memaparkan, fungsi kepala dinas memang lebih banyak ke arah manajerial, tetapi harus mempunyai landasan berpikir. Sehingga nantinya, pejabat tersebut bisa bekerja sesuai mekanisme yang berlaku.

Dalam kepemimpinannya juga, ia tidak akan menggunakan teori target seratus hari kerja. Sebab para pejabat yang dipilihnya nanti diberi waktu bekerja selama lima tahun. ”Semuanya akan kami kerjakan bertahap,” ujarnya

Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Lampung ini melanjutkan, selaku gubernur, dirinya juga akan menyesuaikan eselon sesuai golongan pejabat tersebut. Contohnya, eselon II tidak boleh diduduki pejabat golongan III.

”Jangan main tarik-menarik. Itu tidak boleh! Harus ada jenjangnya,” jelasnya.

Karenanya, Arinal memastikan akan menata kembali para pejabat di Pemprov Lampung sesuai dengan golongannya. ”Tujuannya agar program saya bisa lebih cepat berjalan dan bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu, harus diisi orang-orang yang tepat. Termasuk pandai dan pintar,” paparnya.

Mantan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bandarlampung ini juga menegaskan, dirinya tidak akan menggelar rolling terus-menerus saat menjabat gubernur nantinya. Sebab, hal tersebut akan menyulitkan pejabat yang di-rolling untuk menyesuaikan diri di jabatan barunya sehingga bisa mengganggu kinerjanya dalam membangun Provinsi Lampung.

Pastinya, imbuh dia, tidak semua pejabat di Pemprov Lampung akan digantinya. Jika kinerjanya bagus, maka akan dipertahankan. ”Yang digunakan adalah yang pandai dan pintar untuk membantu saya memajukan dan menyejahterakan masyarakat Lampung,” pungkasnya.(*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID