Atasi Kemiskinan, Pemda Fasilitasi Pinjaman ke Bank - RILIS.ID
Atasi Kemiskinan, Pemda Fasilitasi Pinjaman ke Bank
Bayumi Adinata
Minggu | 14/04/2019 16.37 WIB
Atasi Kemiskinan, Pemda Fasilitasi Pinjaman ke Bank
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Taufik Hidayat. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Bayumi Adinata

RILIS.ID, Bandarlampung – Pemerintah Provinsi Lampung menyusun program strategis untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah Provinsi Lampung.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Taufik Hidayat, menerangkan angka kemiskinan di Lampung cukup tinggi.

”Sehingga diperlukan upaya untuk melakukan terobosan-terobosan guna mengentaskannya,” ungkap Taufik, Sabtu (13/4/2019). 

Misalnya, terus dia, mengefektifkan kredit usaha rakyat. Dengan program ini, Taufik meminta kedepannya bagaimana kita mengefektifkan kredit usaha rakyat (KUR) untuk masyarakat miskin. 

"Ini juga sudah kita rapatkan di Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Lampung beberapa lalu. Dengan tujuan bagaimana masyarakat miskin di Lampung punya kemampuan berusaha," ucapnya

Dana KUR sudah ada dari pemerintah pusat. Tinggal lagi dukungan pemerintah kabupaten/kota agar program ini tepat sasaran.

”Seperti petani juga bisa usaha ternak agar tidak hanya mengandalkan hidup pada satu komoditas,” papar Taufik.

Fungsi pemda dalam hal ini adalah membantu mengakses pinjaman ke perbankan. Penerima pinjaman tidak bergantung banyaknya harta yang dijaminkan, tapi semangat dan keteladanan dalam menjalankan usahanya.

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri sebelumnya meminta seluruh pemda dan satuan kerja perangkat daerah melakukan efisiensi dalam mengentaskan kemiskinan di Lampung.

”Agar bagaimana anggaran 2019 bisa untuk mengurangi angka kemiskinan. Saya mengimbau melakukan identifikasi yang tepat terkait masalah ini,” beber Bachtiar. (*)

 

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID