Bachtiar Berharap APIP dan APH Samakan Persepsi Terkait Aduan Masyarakat - RILIS.ID
Bachtiar Berharap APIP dan APH Samakan Persepsi Terkait Aduan Masyarakat
[email protected]
Selasa | 30/04/2019 10.50 WIB
Bachtiar Berharap APIP dan APH Samakan Persepsi Terkait Aduan Masyarakat
Wagub Bachtiar Basri membuka Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda) se-Provinsi Lampung di Hotel Seminung Lumbok Resort, Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Senin (29/4/2019) malam. FOTO: HUMAS PEMPROV LAMPUNG

RILIS.ID, Lampung Barat – Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Bachtiar Basri berharap pengawasan daerah dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam rangka peningkatan pengawasan dan pemutakhiran data 100 persen.

Pesan itu disampaikannya saat membuka secara resmi Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda) se-Provinsi Lampung di Hotel Seminung Lumbok Resort, Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Senin (29/4/2019) malam.

“Diharapkan kegiatan ini juga digunakan untuk menyamakan persepsi antara aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) dan aparat penegak hukum (APH) dalam penanganan pengaduan masyarakat, sehingga Lampung dapat semakin lebih baik lagi kedepannya,” kata Bachtiar.

Menurut dia, Gelarwasda merupakan kegiatan melihat apa yang terjadi dalam jalannya roda pemerintahan. Hal ini dikarenakan ketika ada temuan pada saat pemeriksaan oleh APIP maupun eksternal seperti BPK yang wajib ditindaklanjuti.

Karenanya, Bachtiar kembali mengingatkan wakil bupati/walikota terhadap tugas yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, seperti mengkoordinasikan intansi vertikal, menindaklanjuti hasil temuan dan mengevaluasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan.

“Masih banyak bupati/walikota yang tidak memfungsikan wakilnya. Padahal sudah jelas bahwa wakilnya memiliki tugas-tugas, terutama menindaklanjuti hasil pemeriksaan dan evaluasi roda pemerintahan," jelasnya.

Sementara Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus mengungkapkan kegiatan Gelarwasda sangat penting sebagai penguatan hadirnya APIP dalam rangka peningkatan pengawasan.

“Saya berharap Gelarwasda ini dapat meningkatkan pengawasan, sehingga berbagai tantangan dan hambatan yang ada di Provinsi Lampung, khususnya Lampung Barat dapat terselesaikan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Lampung, Hamartoni Ahadis menjelaskan kegiatan Gelarwasda bertujuan melakukan pemutakhiran data, serta evaluasi APIP dan APH yang berindikasi terhadap tindak korupsi.

“Pak Wakil Gubernur Bachtiar Basri selalu hadir dalam pelaksanaan Gelarwasda, hal ini dikarenakan beliau sangat peduli terhadap peningkatan pengawasan di Provinsi Lampung," jelasnya.

Adapun kabupaten/kota dengan kategori terbaik peringkat satu adalah Kabupaten Tulangbawang Barat. Kemudian disusul Pringsewu dan Waykanan. Lampung Barat meraih piagam kategori baik. Disusul Tanggamus dan Pesisir Barat.

Untuk MKKS SMA dengan kategori terbaik diraih oleh Tulangbawang Barat. Disusul Lampung Barat dan Bandarlampung.

MKKS SMA Pringsewu meraih piagam kategori baik. Disusul Lampung Timur dan Waykanan sebagai juara dua dan tiga.

Sedangkan untuk MKKS SMK dengan kategori terbaik diraih oleh Lampung Selatan. Lampung Tengah sebagai juara dua dan Lampung Barat juara tiga.

MKKS SMK Bandarlampung menempati posisi teratas kategori baik. Disusul Metro dan Lampung Timur. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID