Bangun Pembangkit Listrik Dari Sampah, Investor Tiongkok Siapkan Rp2 T - RILIS.ID
Bangun Pembangkit Listrik Dari Sampah, Investor Tiongkok Siapkan Rp2 T
Bayumi Adinata
Rabu | 06/11/2019 00.15 WIB
Bangun Pembangkit Listrik Dari Sampah, Investor Tiongkok Siapkan Rp2 T

RILIS.ID, BANDARLAMPUNG – PT Zhongde Waste Technology (ZWT) Indonesia menyiapkan investasi sebesar Rp2 triliun (T) untuk mengembangkan pembangunan pengelolahan sampah menjadi energi listrik di Gedong Wani, Register 40 Kotabaru, Lampung Selatan.

Informasi ini disampaikan Asisten II  Bidang Ekonomi dan Pembangunan Lampung Taufik Hidayat usai menggelar konferensi pers Festival Kopi di Taman Gajah, Enggal, Bandarampung, Selasa (5/11/2019).

Taufik mengatakan, investasi yang disiapkan investor Tiongkok cukup besar dalam membangun pengelolaan sampah menjadi energi listrik. Sehingga, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menunjuk PT Lampung Jasa Utama (LJU) untuk bekerjasama dalam pembangunan tersebut.

Terkait Detail Enginering Design (DED) yang dilakukan PT ZWT dalam waktu tiga bulan, Taufik menjelaskan hal itu akan dilakukan sambil berjalan dengan beberapa kajian.

”Termasuk izinnya nanti kepada kabupaten,” ujarnya.

Sementara, Direktur Investasi Internasional PT ZWT Mr. Dman membenarkan pihaknya menyiapkan dana sebesar Rp2 T dalam pembangunan energi listrik melalui sampah.

Pembangunan ini sebagian akan menggunakan tenaga kerja Indonesia, khususnya Lampung agar bisa belajar memahami bagaimana pembangunan pengelolaan sampah menjadi energi listrik yang dibantu tenaga kerja dari Tiongkok. 

”Setelah dua tahun, tenaga kerja Tiongkok itu nantinya akan dipulangkan ke negara asal,” kata Dman.

Dia memastikan, proyek DED akan dipercepat. Yakni dilakukan kurang lebih tiga atau empat bulan mendatang. 

”Kami pun akan tetap mengikuti aturan yang ada di Provinsi Lampung sebagaimana yang ada di perjanjian,” katanya.(*)

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID