Banyak Masalah, Komisi II DPR RI Desak Tes CPNS Dievaluasi - RILIS.ID
Banyak Masalah, Komisi II DPR RI Desak Tes CPNS Dievaluasi
Bayumi Adinata
Jumat | 02/11/2018 19.34 WIB
Banyak Masalah, Komisi II DPR RI Desak Tes CPNS Dievaluasi
Rakor Komisi II DPR RI ke Provinsi Lampung di ruang rapat kantor BPN Lampung, Jumat (2/11/2018). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Bayumi Adinata

RILIS.ID, Bandarlampung – Komisi II DPR RI mendesak pelaksanaan tes CPNS tahun ini dievaluasi. Banyak pengaduan dari masyarakat yang merasa dirugikan karena tidak bisa mengikuti ujian.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Herman Khaeron, menegaskan pihaknya masih membuka pintu bagi masyarakat yang ingin melapor.

”Jika menemukan pelanggaran atau hal lain yang tidak memuaskan sampaikan ke Komisi II DPR RI. Bisa melalui surat atau lainnya," pintanya, Jumat (2/11/2018).

Hal itu ia sampaikan dalam rapat koordinasi (rakor) Komisi II DPR RI ke Lampung di kantor BPN provinsi ini.

Selain soal CPNS, ia mempertanyakan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), hak guna usaha (HGU), dan KTP elektronik.

Dia menerangkan, selain bermasalah, penerimaan CPNS ternyata tidak bisa menampung atau mengakomodasi kebutuhan masyarakat untuk dapat bekerja sebagai CPNS.

Adalah Plt. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Lampung, Taufik Hidayat, yang menyambut komisi II DPR RI. Hadir Kepala BPN Lampung Bambang Hendrawan dan Kepala Disdukcapil Achmad Syaifullah. 

Sementara, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung, Rusli Syofuan, maupun Kabid Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKD, Henry Riduan, tidak terlihat di ruang rapat kantor BPN Lampung. 

Seperti diketahui, sejumlah peserta tes CPNS zona 1 di Gedung Futsal Kopri, Komplek Pemprov Lampung dari awal pelaksanaan hingga saat ini banyak yang tidak hadir.

Salah satu penyebabnya mereka mengundurkan diri dengan alasan jadwal pelaksanaan tes mendadak berubah dan tidak diumumkan detail di website masing-masing daerah.

Selain itu, peserta yang hadir namun telat mengikuti ujian dalam waktu yang ditetapkan, tidak diizinkan mengikuti tes.

Terpisah, Kepala Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN), Istati Atidah, menanggapi santai desakan evaluasi tes CPNS itu.

Menurutnya, BKN belum berencana mengevaluasi tahapan tes CPNS khususnya Tes Karekteristik Pribadi (TKP) dan Tes Intelegensi Umum (TIU).

"Belum ada evaluasi. Itu kan panitia seleksi nasional (panselnas) yang harus melakukan evaluasi,  tergantung mereka," kata dia kepada rilislampung.id saat dihubungi, Jumat (2/11/2018). (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID