Barang Ilegal Senilai Rp7 Milliar Dibakar - RILIS.ID
Barang Ilegal Senilai Rp7 Milliar Dibakar
Bayumi Adinata
Jumat | 01/11/2019 21.32 WIB
Barang Ilegal Senilai Rp7 Milliar Dibakar
Bea Cukai Lampung saat melakukan pemusnahan barang ilegal./FOTO RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, BANDARLAMPUNG – Bea Cukai Lampung memmusnahkan barang ilegal berjenis rokok, tembakau iris, serta minuman mengandung alkohol, di kantor Bea Cukai Lampung, Kamis (31/10/2019).

Kepala Kantor Bea Cukai Lampung Yusmariza menjelaskan, peredaran rokok ilegal merupakan benalu bagi target penerimaan negara dari sektor cukai. Karena itu, pihaknya gencar menindak peredaran barang illegal.

Barang yang dimusnahkan tersebut berasal hasil penindakan periode tahun 2018-2019 di beberapa titik wilayah Bea Cukai Sumatera Bagian Barat.

Adapun barang yang dimusnahkan berupa rokok ilegal sebanyak 10.100.406 batang, minuman keras sebanyak 149,4 liter, tembakau iris sebanyak 300.000 gram dan vape sebanyak 5,11 liter, yang telah ditetapkan sebagai barang milik negara. 

”Total nilai barang tersebut sebesar Rp7 milliar dan diperkirakan nilai kerugian negara sebesar Rp4 miliar,” jelasnya.

Dia mengatakan, kegiatan itu sebagai wujud nyata pelaksanaan tugas community protector serta bentuk sinergi antara Bea Cukai dengan kejaksaan sehingga dilakukan pemusnahan barang bukti tindak pidana khusus cukai sebagai eksekusi terhadap perkara yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap (inkracht).

Pelaksanaan pemusnahan barang milik negara ini juga merupakan pelaksanaan amanat Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39/PMK.04/2014 Tentang Tata Cara Penyelesaian Barang Kena Cukai dan Barang-Barang Lain Yang Dirampas Untuk Negara Atau Yang Dikuasai negara.

Menurutnya, selain nilai material tersebut, terdapat juga nilai immaterial bila dibayangkan apabila barang tersebut beredar di pasaran bebas.

”Bukan hanya terganggunya pertumbuhan industri rokok/minuman/vape dalam negeri, tapi juga dapat meningkatkan kerawanan sosial,” paparnya.

Dia menambahkan, institusinya selalu berkomitmen untuk selalu berintegritas dalam melaksanakan tugas ke arah yang lebih baik sesuai dengan slogan ”Bea Cukai Makin Baik”.

”Kami mengajak kepada seluruh masyarakat dan aparat pemerintah lainnya untuk bersama-sama memerangi peredaran rokok dan minuman keras, serta vape ilegal,” tutupnya.(*)

 

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID