Bawaslu Imbau Politik Santun Jaga Kesucian Ramadan  - RILIS.ID
Bawaslu Imbau Politik Santun Jaga Kesucian Ramadan 
[email protected]
Kamis, 2018/05/17 23.01
Bawaslu Imbau Politik Santun Jaga Kesucian Ramadan 
Ilustrasi: RILIS.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Lampung menghimbau kepada pasangan calon (paslon), tim pemenangan, dan partai politik untuk melakukan pergerakan politik dengan santun dan menjaga kesucian bulan Ramadan.

Komisioner Bawaslu Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Iskardo P. Panggar mengajak semua paslon dan tim pemenangan agar di bulan suci Ramadan 1439 H ini, yang juga bertepatan dengan pelaksanaan tahapan kampanye Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur Lampung Tahun 2018 juga termasuk Pemilihan Umum Tahun 2019, maka pihaknya mengingatkan semua pihak untuk mengikuti aturan yang berlaku.

"Partai politik, pasangan calon, tim kampanye dan semua pihak untuk menjaga kesucian bulan Ramadhan dengan mentaati aturan kampanye dan tidak melakukan kegiatan yang menghalangi pengaturan peraturan penundang-undangan," ajak Iskardo P. Panggar, Kamis (17/5/2018). 

Mantan Ketua KPU Waykanan ini juga mengajak kepada partai politik, pasangan calon, tim kampanye dan semua pihak menggunakan momentum Ramadhan untuk melakukan pendidikan politik dengan melakukan kampanye dengan santun.

"Partai politik, pasangan calon, tim kampanye dan semua pihak tidak menggunakan tempat-tempat kampanye politik praktis, bahan-bahan dan / atau alat peraga kampanye," jelasnya.

Selain itu, kata Iskardo, bahwa semua pihak untuk tidak memanfaatkan dana zakat, infaq dan shadaqah sebagai sarana kampanye. Partai politik, pasangan calon, tim kampanye dan semua pihak dilarang memberikan sumbangan, infaq dan sadaqah dengan mengatasnamakan Partai Politik dan atau Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubenur.

"Jadi kegiatan macam itu dilarang, dan kampanye dirumah ibadah, serta menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya dengan maksud untuk mempengaruhi orang-orang (e) pengaturan ketentuan Pasal 187 dan Pasal 187A merupakan pelanggaran yang dilakukan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016," ungkapnya.   

Sedangkan Komisioner Bawaslu Lampung Adek Asyari menambahkan kepada caleg dan parpol agar tidak memasang APK dengan menonjolkan logo dan nomor partai, atau kedua duanya.

"Massa kampanye itu nanti ada waktu di bulan September sampai April 2019, sekarang ini belum," tegasnya. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)