Bekas Ketum PAN Optimistis Padi Organik Lampung Bisa Go Internasional - RILIS.ID
Bekas Ketum PAN Optimistis Padi Organik Lampung Bisa Go Internasional
[email protected]
Rabu | 02/05/2018 00.16 WIB
Bekas Ketum PAN Optimistis Padi Organik Lampung Bisa Go Internasional
Ketua KEIN Soetrisno Bachir menghadiri panen padi organik di Desa Rengas Kecamatan Bekri, Lampung Tengah, Selasa (1/5/2018). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Lampung Tengah – Bekas Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang kini menjabat Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Soetrisno Bachir mengatakan, bahwa geografis Provinsi Lampung sangat cocok terhadap tanaman padi terutama padi jenis organik.

Hal ini disampaikan Soetrisno saat menghadiri acara Panen Raya Padi Organik yang digagas Majelis Pemberdayaan Masyarakat Muhammadiyah di Desa Rengas Kecamatan Bekri Kabupaten Lampung Tengah, Selasa (1/5/2018).

Soetrisno menilai Lampung berpotensi menjadi lumbung padi organik di Indonesia, bahkan dunia internasional.

“Apalagi sudah ada pembangunan tol laut untuk Pulau Jawa dan Sumatera, di mana pendistribusian komoditas padi dari Sumatera ke Pulau Jawa semakin dimudahkan. Begitu juga sebaliknya,” katanya dalam siaran pers, Selasa (1/5/2018).

Soetrisno mengapresiasi langkah melakukan perubahan para petani sehingga penghasilan petani lebih meningkat.

“Karena kita tahu kesejahteraan petani sangat minim dan Muhammadiyah sebagai lokomotif di daerah-daerah,” ujarnya.

Hal ini sejalan dengan program KEIN yang membuat suatu roadmap pembangunan untuk kesejahteraan petani Indonesia dengan fokus pada beberapa sektor.

“Ada empat sektor yang harus kita fokuskan agar pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas tujuh persen, salah satunya sektor agrobisnis,” tuturnya.

Menurut Soetrisno, Indonesia memiliki lahan yang subur tetapi sangat disayangkan masih mengimpor beras dari luar negeri.

“Untuk itu organisasi seperti Muhammadiyah ini mudah-mudahan bisa menjadi teladan buat organisasi lainnya untuk terjun langsung ke masyarakat mengolah kekayaan alam kita ini," imbuhnya.

Plt. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Lampung, Taufik Hidayat mengatakan panen raya padi organik tersebut sangat sejalan dengan amanah yang diemban Provinsi Lampung dalam mendukung kedaulatan pangan nasional, yaitu pencapaian sasaran produksi padi yang semakin meningkat pada tahun ini.

Dia menekankan para petani khususnya di Desa Rengas Kecamatan Bekri untuk secara terus menerus berupaya meningkatkan produksi padinya dan tanaman pangan lainnya.

"Potensi lahan yang ada agar dikelola secara optimal. Para petani juga harus dapat menjalin kerjasama dengan mitra usaha bidang pertanian. Dan para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar terus menerus meningkatkan pembinaan dan bimbingan kepada petani, mengingat bahwa Pemerintah telah banyak memperhatikan para penyuluh dengan memberikan Biaya Operasional Penyuluh (BOP)," katanya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID