Berkas Perkara 4 Pelajar SMP Al Azhar Curi Mobil Segera Dilimpahkan ke Kejaksaan - RILIS.ID
Berkas Perkara 4 Pelajar SMP Al Azhar Curi Mobil Segera Dilimpahkan ke Kejaksaan
Muhammad Iqbal
Sabtu | 01/09/2018 13.48 WIB
Berkas Perkara 4 Pelajar SMP Al Azhar Curi Mobil Segera Dilimpahkan ke Kejaksaan
Kapolsek Tanjungkarang Barat Kompol Hapran. FOTO; RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Meski Ketua Yayasan Al Azhar Lampung, Afdi Muslim menilai, pencurian mobil yang dilakukan empat pelajar SMP yayasan itu sebagai kenakalan remaja, bahkan sudah ada perdamaian dengan pihak korban, namun aparat tetap memprosesnya secara hukum.

Baca: 4 Pelajar SMP Curi Mobil, Ketua Yayasan Al Azhar Sebut Cuma Kenakalan Remaja

Kapolsek Tanjungkarang Barat Kompol Hapran menegaskan, berkas perkara 4 pelajar berinisial HR (16), MR (13), DA (14) dan MA (14), segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandarlampung. 

“Mereka berempat tidak kita lakukan penahanan, mengingat keempatnya masih dibawah umur. Jadi kita kembalikan lagi ke pihak keluarga, tapi perkara itu tetap bergulir secara hukum,” katanya kepada rilislampung.id, Jumat (31/8/2018).

Lanjut Hapran, semua tahapan pemeriksaan telah rampung dilakukan. Untuk itu, pihaknya tengah bersiap untuk pelimpahan berkas tersebut ke Kejari. 

“Semua tahapan pemeriksaan sudah, saksi sudah, korban sudah, keterangan para tersangka juga sudah. Jadi ini tinggal urus berkas untuk dilimpahkan ke Kejari Bandarlampung,” lanjutnya. 

Hapran juga menjelaskan bahwa keempat anak tersebut akan mendapatkan pendampingan hukum dalam perkara tersebut. 

“Nanti para pelajar itu akan didampingi oleh Bapas atau lembaga-lembaga perlindungan anak,” tambahnya. 

Diketahui, empat pelajar mencuri mobil Toyota Avanza BE 2580 YY warna hitam milik korban Aprindo Sinta Nala Kaisar (24) pada Jumat (24/8/2018) lalu. 

Menurut Hapran, penangkapan terhadap empat tersangka tersebut berdasarkan laporan polisi nomor: LP/ B-1/731/VIII/LPG/RestaBL/Sek TKB, tanggal 24 Agustus 2018.

Korbannya seorang penjaga rental Playstation di Jalan Panglima Polim, Tanjungkarang Barat. Dia biasa parkir mobilnya di seberang jalan. Sekitar pukul 14.00 Wib ketika korban hendak pergi, tidak lagi melihat mobilnya di tempat biasa memarkir.

Sebelumnya di dalam rental Ps itu terdapat empat orang pelajar yang sedang bermain game.

Setelah dilakukan pengecekan terhadal rekaman Cctv terlihat salah seorang dari rombongan pelajar tersebut mengambil kunci mobil korban yang tergeletak di lantai.

“Dari situlan petugas bersama korban melakukan pengejaran,” katanya kepada rilislampung.id, Senin (27/8/2018). 

Setelah dilakukan pengejaran sekitar pukul 15.45 petugas berhasil mengamankan tersangka MR (13) saat melintasi daerah dekat TKP. 

Akhirnya petugas membawa tersangka ke Mapolsek Tanjungkarang Barat guna dilakukan pengembangan. Selanjutnya sekitar petugas kembali berhasil mengamankan dua tersangka lagi yakni DA (14) dan MA (14) di kediamannya masing-masing.

Sementara untuk barang bukti mobil tersebut di Jalan Pagar Alam belakang Gedung Graha Mandala Kecamatan Kedaton Bandarlampung.

“Satu orang tersangka lainya yakni HR (16) diserahkan oleh pihak keluarga pada hari Sabtu (25/8) ke Mapolsek Tanjungkarang Barat,” urainya. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID