BP3TKI Gagalkan Penyelundupan PMI di Pesawaran - RILIS.ID
BP3TKI Gagalkan Penyelundupan PMI di Pesawaran
Bayumi Adinata
Selasa | 18/06/2019 13.07 WIB
BP3TKI Gagalkan Penyelundupan PMI di Pesawaran
BP3TKI Gagalkan Penyelundupan PMI di Pesawaran. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Bandarlampung – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja (BP3TKI) Lampung, menggagalkan penyelundupan Tenaga Migran Indonesia (PMI) di Kabupaten Pesawaran.

"Diduga kuat PMI tersebut akan diberangkatkan secara perseorangan ke Negara Malaysia," ujar Kepala Seksi Pelindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Lampung, Waydinsyah, saat menghubungi rilislampung.id, Selasa (18/6/2019).

Way, sapaannya, menjelaskan PMI tersebut atas nama Dessy Makarah (DA) warga Sulawesi Selatan dan Susan Yunita Ningtias (SYN) warga Jawa Barat.

“Awalnya, Susan menghubungi petugas BP3TKI Jakarta karena merasa curiga proses keberangkatan yang dilaluinya tidak sesuai prosedur. Selanjutnya petugas BP3TKI Jakarta meneruskan informasi tersebut kepada BP3TKI Lampung,” jelasnya.

Setelah didalami informasi tersebut, Way mengatakan diduga kuat proses pemberangkatan dilakukan secara perseorangan dan tidak sesuai dengan pasal 69 UU RI nomor 18 Tahun 2017 tentang PPMI yang berbunyi "Orang perseorangan dilarang melaksanakan Penempatan PMI.”

Kemudian, lanjut dia, petugas BPTKI Lampung melakukan koordinasi dengan Sat Reskrim Polres Pesawaran. 

"Berbekal informasi tersebut dilakukan penanganan berupa penangkapan, penahanan dan penyitaan bukti permulaan seprti handphone, paspor dan barang-barang CPMI di rumah penampungan milik Endang di Way Khilau, Kabupaten Pesawaran.

“Kedua orang masing-masing atas nama Suhendri Ode warga Tanjung Pinang dan Endang Warga Pesawaran saat ini sedang menjalani pemeriksaan di Sat Reskrim Polres Pesawaran guna dimintai keterangan lebih lanjut," jelasnya.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID