BPBD: Panjang dan TbB Berpotensi Terdampak Tsunami - RILIS.ID
BPBD: Panjang dan TbB Berpotensi Terdampak Tsunami
[email protected]
Sabtu | 11/08/2018 10.44 WIB
BPBD: Panjang dan TbB Berpotensi Terdampak Tsunami
Ilustrasi Tsunami: RILIS.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Dampak gempa dan tsunami di Pulau Lombok Provinsi NTB, Badan Pengulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung bersama Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Bandarlampung, telah mempersiapkan segala sesuatu jika terjadi tsunami di perairan Lampung.

Papan evakuasi di setiap pantai, seperti panjang dan beberapa wilayah perairan Lampung telah dipasang. Sehingga masyarakat dapat melakukan penyelamatan dini ke dataran tinggi atau pegunungan yang diarahankan dengan papan evakuasi yang dipasang di beberapa itu.

"Kita sudah sebar pemasangan papan evakuasi,  dan masyarakat sudah memahami karena kita sudah melakukan sosialisasi ke kampung," kata Kasubid Kedaruratan dan Bencana BPBD Lampung , Efendi Arsyad . 

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan BMKG, ketika ada warning sudah ada beberapa kader di lapangan  untuk bersinergi jika terjadi tsunami. 

Dijelaskannya sepanjang pantai Lampung berpotensi terkena dampak tsunami. Namun, yang dimungkinkan besar wilayah Panjang dan sebagian Gudang Lelang Telukbetung Barat (TbB). “Sebab tidak ada pulau yang menutupi," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala seksi data dan informasi BMKG Lampung, Rudi Harianto membenarkan bahwa pihak BPBD Lampung dan BPBD Kota Bandarlampung telah memasang papan evakuasi jika suatu saat terjadi rsunami di perairan Lampung.

“Kami juga melakukan pemantauan cuaca apabila perairan Lampung terjadi gelombang tinggi yang bertanda adanya Tsunami, " tutur dia (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID