Bunda PAUD Lamsel Minta Guru Jaga Budaya Dongeng - RILIS.ID
Bunda PAUD Lamsel Minta Guru Jaga Budaya Dongeng
M. Amir Syaripudin
Senin | 21/01/2019 20.03 WIB
Bunda PAUD Lamsel Minta Guru Jaga Budaya Dongeng
Bunda PAUD Lamsel Winarni Nanang Ermanto saat menghadiri pelatihan dongeng di lapangan tenis indoor, Senin (21/1/2019). FOTO: RILISLAMPUNG.ID / M. Amir Syaripudin

RILIS.ID, Lampung Selatan – Bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Winarni Nanang Ermanto mengaku prihatin budaya dongeng semakin tergerus dimakan zaman.

Menurutnya, kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh orang tua. Ia mengajak seluruh tenaga pendidik untuk menjaga budaya dongeng terhadap anak usia dini.

“Karena dongeng dapat merangsang anak bersifat aktif, menjadikan anak suka membaca dan dapat mendidik anak mengenal hal-hal yang baik serta menghindari hal yang buruk,” kata Winarni saat menghadiri pelatihan 617 tenaga pendidik PAUD se-Lamsel di lapangan tenis indoor, Senin (21/1/2019).

Meski tergolong sepele, lanjut Winarni, dongeng bisa sangat mudah dicerna bagi anak untuk menghilangkan perasaan takut.

“Seperti trauma akibat bencana tsunami yang kita alami beberapa waktu lalu, itu bisa hilang dengan kita menceritakan hal-hal yang positif terhadap anak,” tambahnya.

Winarni berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan mendongeng dengan baik dan bisa diterapkan di sekolahnya masing-masing.

“Saya harap para peserta dapat menyimak apa yang akan diajarkan pelatih. Nanti Pak Thomas (Kadisdikbud), kegiatan seperti ini bisa terus diadakan, agar para pendidik kita juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dasarnya,” pintanya.

Sementara Kadisdikbud Lamsel Thomas Amirico mengapresiasi dukungan Bunda PAUD Lamsel terhadap pelatihan dongeng tersebut.

“Di era digital saat ini, kita perlu inovasi, khususnya para pendidik agar bisa membuka cakrawala anak-anak didiknya. Jangan sampai anak-anak kita terjebak pada permainan gadget,” ujarnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID