Bupati Sarankan Ranperda Tangguh Bencana dan KR Liwa Lebih Terfokus - RILIS.ID
Bupati Sarankan Ranperda Tangguh Bencana dan KR Liwa Lebih Terfokus
Ade Irawan
Selasa | 02/07/2019 15.38 WIB
Bupati Sarankan Ranperda Tangguh Bencana dan KR Liwa Lebih Terfokus
Sidang paripurna DPRD Lambar. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Ade Irawan

RILIS.ID, Lampung Barat – Rancangan peraturan daerah (Ranperda) Kabupaten Tangguh Bencana dan Kebun Raya (KR) Liwa, masih bersifat umum dan luas.

Hal itu disampaikan Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus saat menanggapi dua Ranperda itu pada sidang paripurna DPRD setempat, Selasa (2/7/2019).

Parosil mengatakan muatan yang terkandung dalam ranperda sama persis dengan undang-undang yang berlaku.

"Penyusunan beberapa ranperda ini masih bersifat umum dan luas, serta materi muatannya sama persis dengan materi muatan yang terdapat dalam undang-undang yang mengaturnya," ucap Parosil.

Parosil menyarankan kepada DPRD Lambar untuk memperkaya poin kandungan dua ranperda."Disarankan materi yang diatur dalam ranperda harus diperkaya agar lebih implementatif dan terfokus sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah," ungkap Parosil.

Di lain pihak Dadin Ahmadin selaku Ketua Legislasi DPRD mengatakan ranperda akan ditindaklanjuti untuk diperkaya kembali. 

"Ranperda telah disesuaikan dengan undang-undang yang ada dan selanjutnya akan diperkaya dengan kewenangan yang ada," katanya.

Sebelumnya DPRD Lambar mengajukan ranperda itu, pada sidang paripurna, Senin (1/7/2019). Ranperda tersebut mempunyai sejumlah tujuan.

Ranperda kabupaten tangguh bencana bertujuan:

1. Merumuskan permasalahan hukum yang dihadapi sebagai alasan pembentukan rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan kabupaten tangguh bencana sebagai dasar hukum penyelesaian atau solusi dalam penyelenggaraan kabupaten tangguh bencana.

2. Merumuskan pertimbangan filosofis, sosioligis, dan yuridis pembentukan ranperda tentang penyelenggaraan pembentukan kabupaten tangguh bencana.

3. Merumuskan sasaran yang akan diwujudkan, ruang lingkup pengaturan, jangkauan dan arah pengaturan kabupaten tangguh bencana.

4. Merumuskan regulasi spesifik dari permasalahan penanggulangan bencana.

5. Merumuskan tentang batasan kewenangan, hak dan kewajiban dan peran serta fungsi pemerintah daerah.

Ranperda KR Liwa bertujuan:

1. Merumuskan permasalahan hukum yang dihadapi sebagai alasan pembentukan rancangan peraturan daerah tentang kebun raya liwa sebagai dasar hukum penyelesaian atau solusi dalam pengelolaan kebun raya liwa.

2. Merumuskan pertimbangan filosofis, sosiologis dan yuridis pembentukan ranperda tentang kebun raya liwa.

3. Merumuskan sasaran yang akan diwujudkan, ruang lingkup pengaturan, jangkauan dan arah pengaturan dalam ranperda tentang kebun raya liwa.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID