Catat! Pertamina Jamin Stok BBM Aman Selama Arus Mudik - RILIS.ID
Catat! Pertamina Jamin Stok BBM Aman Selama Arus Mudik
Bayumi Adinata
Senin | 20/05/2019 21.15 WIB
Catat! Pertamina Jamin Stok BBM Aman Selama Arus Mudik
Ilustrasi Rilis.id

RILIS.ID, BANDARLAMPUNG – PT Pertamina Region Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) memastikan terus menjaga distribusi dan keamanan stok dalam musim mudik tahun ini di seluruh unit bisnisnya yang ada di Sumbagsel.

Komitmen tersebut ditunjukkan dengan pembentukan Tim Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2019 yang akan menjalankan amanah menjaga ketahanan energi mulai H-15 hingga H+15 Idul Fitri 1440H/2019 mulai dari kapasitas pengolahan.

”Seluruh produk, premium, pertamax, biosolar, avtur, LPG, dan kerosene stoknya kami pastikan cukup dan dapat memenuhi kebutuhan energi masyarakat selama periode Satgas RAFI 2019,” ujar General Manager Refinery Unit III Plaju Yosua I. M. Nababan dalam rilisnya yang dikirimkan ke Rilislampung.id, Senin (20/5/2019).

Yosua mengatakan, kini RU III Plaju per Maret 2019 juga sudah memproduksi 100% lifting B20 untuk didistribusikan. 

”Totalnya sekitar 1.248 Million Barrel (MB) B20, semuanya didistribusikan ke Terminal BBM Kertapati sekitar 60% dan TBBM Panjang Lampung 40%,” jelas Yosua.

Sementara, General Manager Marketing Operation Region II Sumbagsel Primarini mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan pemetaan kebutuhan energi masyarakat berdasarkan analisis tren konsumsi dan juga pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya. 

Berdasarkan pemetaan tersebut, menurutnya Pertamina MOR II Sumbagsel sudah melakukan antisipasi untuk peningkatan kebutuhan BBM, LPG, dan Avtur selama Satgas RAFI 2019.

”Untuk BBM, jenis Gasoline seperti Turbo, Pertamax, Pertalite, Premium mengalami kenaikan sekitar 18.9% dari output hariannya, sedangkan Gasoil seperti Dex, Dexlite, dan Biosolar mengalami penurunan sekitar 13.4%,” katanya.

Menurutnya, ini merupakan hal yang wajar karena peningkatan mobil pribadi sebagai moda transportasi saat mudik dan balik Idul Fitri dan pelarangan sementara kendaraan berat melintas selama masa mudik dan balik ini.

”Jika dilihat per produk Gasoline, turbo akan mengalami peningkatan signifikan hingga 100%, Pertamax 38%, Pertalite 24%, dan Premium 7%. Untuk Gasoil, Biosolar diperkirakan berkurang sekitar 14%, sedangkan Dexlite meningkat 9% dan Dex meningkat 42%, peningkatan Dexlite dan Dex dipicu penggunaan mobil pribadi bermesin diesel,” paparnya.

Dia menerangkan, lonjakan BBM non subsidi ini adalah bentuk perubahan budaya masyarakat yang telah cerdas memilih energi yang lebih baik untuk kinerja dan efisiensi mesin.

Jaminan stok BBM cukup pada arus mudik dan balik tahun ini juga disampaikan Kepala Bagian Hukum dan Humas BPH Migas Ady Mulyawan Raksanegara.

Dia mengatakan, stok untuk BBM jenis premium sebanyak 1.118.277 liter selama 21 hari, Pertalite sebanyak 1.103.505 liter (21 hari), Turbo sebanyak 34.585 Liter, Solar sebanyak 2.104.331 liter (26 hari), Dexlite sebanyak 45.305 liter (27 hari), dan Dex sebanyak 36.437 liter selama (35 hari) jatah stok nasional.

Adapun upaya mengamankan pasokan BBM dengan cara membentuk Posko Satgas BBM di kantor pusat dan daerah.

Dia mengatakan, tim akan selalu monitoring kelancaran distribusi BBM (penambahan armada mobil tangki, penyiapan kanton BBM, terminal BBM, penyiapan produk BBK dalam kemasan, penyiapan jalur contra flom.

Selanjutnya monitoring ketahanan stok BBM nasional, monitoring layanan di lembaga penyalur mulai dari safety, keandalan dan kebersihan fasilitas 4 pelayanan maksimal sesuai standar, serta pelayanan 24 jam (jika diperlukan) dalam penyaluran pada jalur mudik.

Kemudian, berkoordinasi dengan berbagai pihak dan instansi seperti TNI, Polri, Dinas Perhubungan instansi lainnya dalam menjaga keamanan dan kelancaran penyaluran BBM.(*)

Editor Wirahadikusumah


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID