Cuaca Ekstrim yang Terasa di Lampung Mulai Membuat Warga Gelisah - RILIS.ID
Cuaca Ekstrim yang Terasa di Lampung Mulai Membuat Warga Gelisah
kontributor kontributor
Tri Nur Imansyah
Rabu, 2019/08/07 17.11

RILIS.ID, Bandarlampung; Cuaca ekstrim yang terasa di lampung mulai membuat warga gelisah lantaran pada siang hari cuaca akan sangat panas terik namun dengan angin kencang serta dingin, dan pada malam hari suhu kota bisa terasa sangat dingin dengan angin kencang. 

Tim rilis lampung TV menyambangi kantor BMKG provinsi Lampung pada rabu, 07 agustus 2019 untuk meminta penjelasan mengenai cuaca yang sedang terjadi di Lampung.

Kepala BMKG Maritim Lampung, Andi cahyadi mengatakan, ini merupakan fenomena alam biasa, saat memasuki puncak musim kemarau, untuk wilayah barat, puncak musim kemarau masuk mulai bulan agustus hingga awal september. Hawa yang mulai dingin diakibatkan radiasi matahari yang diterima oleh bumi langsung dipantulkan kembali ke atmosfer karena tidak adanya faktor awan yang terbentuk. 

Ia menjelaskan pada musim kemarau aliran udara bergerak dari arah timur yakni benua australia melintasi Indonesia. Partikel udara yang terbawa itu dingin dan kering tidak mengandung air. Yang menyebabkan suhu dingin di daerah lampung.

Gelombang laut juga mengalami peningkatakn, saat ini gelombang sekitar 2,5 sampai 4 meter dan akan berlangsung selama 2 sampai 3 hari kedepan.

Andi cahyadi berpesan kepada seluruh masyarakat lampung agar dapat mengantisipasi menurunnya kondisi kesehatan tubuh akibat cuaca ektrim ini dengan selalu menyiapkan pakaian hangat serta bisa menghemat air bersih, dan untuk warga pesisir serta nelayan agar dapat mewaspadai tingginya gelombang laut.



Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID