Daftar ke Lain Provinsi, Pelamar CPNS Bisa Tes di Daerahnya - RILIS.ID

Daftar ke Lain Provinsi, Pelamar CPNS Bisa Tes di Daerahnya
[email protected]
Minggu, 2018/09/23 18.51
Daftar ke Lain Provinsi, Pelamar CPNS Bisa Tes di Daerahnya
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Kabar baik bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).  Pelamar yang mendaftarkan diri di lain provinsi, bisa mengikuti tes di daerah tempat tinggalnya. Jadi, tidak perlu jauh-jauh mengikuti tes CPNS di lain provinsi.

Hal ini disampaikan Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung, Rusli Syofuan kepada rilislampung.id , Minggu (23/9/2018).

Menurutnya, informasi ini langsung disampaikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI.

Selain itu, kabar baik lainnya adalah pelamar Cum Laude (predikat kelulusan dengan pujian yang diberikan pada ujian di perguruan tinggi) dan penyandang disabilitas, juga diberikan jatah khusus oleh BKN dan Kemenpan-RB. Pelamar Cum Laude, BKN menetapkan 5 persen, dan disabilitas 1 persen.

“Untuk Pemprov Lampung yang mendapatkan kuota formasi CPNS sebanyak 256, jadi Cum Laude sebanyak 13 orang, sedangkan disabilitas sebanyak 3 orang, dan juga berlaku untuk kabupaten/kota lainnya," paparnya, Minggu (23/9/2018). (*)

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan dan Mutasi BKD Lampung, Hendri Riduan menyebutkan, berdasarkan Peraturan Menpan RB No 36 Tahun 2018 tertanggal 27 Agustus 2018, prioritas penetapan kebutuhan pegawai negeri sipil (PNS) Tahun 2018 untuk: bidang pedidikan, kesehata,  infrastruktur, jabatan fungsional dan jabatan teknis lain.

Dalam Peraturan Menpan RB ditetapkan pendaftaran peserta seleksi CPNS dilakukan serentak secara daring atau online oleh Panitia Seleksi Nasional yang secara teknis dikoordinasikan oleh Badan Kepegawaian Negara melalui portal pendaftaran daring atau online sscn.bkn.go.id.

“Calon pelamar hanya dapat mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan," kata dia.

Adapun materi Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)