Dari Madrid, Warga Pringsewu Ini Luncurkan Buku 'Delirium' - RILIS.ID
Dari Madrid, Warga Pringsewu Ini Luncurkan Buku 'Delirium'
[email protected]
Minggu | 18/03/2018 17.27 WIB
Dari Madrid, Warga Pringsewu Ini Luncurkan Buku 'Delirium'
Sampul buku kumpulan cerpen Delirium. FOTO: ISTIMEWA FOR RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Lampung sejatinya tak pernah kekurangan stok penulis. Karya-karya baru terus bermunculan. Abet Handoko, warga Pringsewu yang kini bermukim di Madrid sejak 2016, sebentar lagi meluncurkan kumpulan cerita pendeknya yang berjudul Delirium

Abet menggandeng penerbit Lampung Aura Publishing untuk mendokumentasikan karya-karyanya. Mahasiswa Pascasarjana Universidad Carlos III Madrid ini awalnya mengaku tidak terpikir untuk menerbitkan tulisan-tulisannya.

”Awalnya saya tergabung dalam grup WhatsApp utuk membahas rencana kedatangan seorang teman lama ke Madrid pada bulan Mei ini. Lalu, Tri teman kuliah semasa di Lampung terus memotivasi untuk menerbitkan tulisan-tulisan tersebut,” ujar mahasiswa Master Bidang Kepustakaan, Arsip, Dokumentasi dan Keberlanjutan Digital tersebut.

Abet yang juga alumnus jurusan Komunikasi Universitas Lampung ini juga sebelumnya telah banyak membantu penerbit-penerbit di Indonesia untuk menerjemahkan novel berbahasa Spanyol ke dalam bahasa Indonesia.

”Buku ini mengobati kerinduan saya pada kampung halaman, teman-teman di Lampung dan juga upaya mempromosikan Lampung di Madrid, tempat saya tinggal saat ini,” tambah Abet dalam siaran pers yang diterima rilislampung.id, Minggu (18/3/2018).

Delirium sendiri diambil dari salah satu judul tulisan dalam kumpulan cerita pendek dalam buku ini. Sementara untuk gambar-gambar ilustrasi dalam cover, Abet menggandeng seniman asal Metro, Reza Pahlevi, yang kini bermukim di Yogyakarta.

Tri Purna Jaya, editor buku ini mengaku semangat kolektivitaslah yang menyebabkan buku ini akan diluncurkan. ”Dari mulai editing, desain cover, menggandeng pelukis, memilih penerbit, hingga nanti meluncurkannya, kami menggunakan semangat kolektivitas. Do it your self,” kata pria yang berprofesi sebagai jurnalis dan desain grafis tersebut.

Sementara itu, pemiliki Aura Publishing Ikhsanudin menyambut baik rencana ini sebagai bagian dari mengelorakan budaya literasi. ”Lampung memang memiliki banyak penulis berbakat. Manti kami persiapkan peluncurannya di Bandarlampung. Teman lain akan mengurus acara serupa di Madrid, Pringsewu, dan Metro,” ungkap Ikhsan –sapaan akrabnya.

Bagi yang tertarik membaca dan mengapresiasi karya Abet Handoko, bisa memesan melalui nomor WhatsApp 082180813531. ”Harga normalnya setelah buku diluncurkan adalah Rp50 ribu. Untuk preorder ada diskon 20 persen, jadi hanya Rp40 ribu,” pungkas Ikhsan. (*)

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID