DBD di Waykanan Tinggi, Diskes Giatkan Pengasapan - RILIS.ID
DBD di Waykanan Tinggi, Diskes Giatkan Pengasapan
Yulianto
Kamis | 13/02/2020 16.48 WIB
DBD di Waykanan Tinggi, Diskes Giatkan Pengasapan
Fogging focus yang dilakukan Dinas Kesehatan Waykanan, Rabu (12/2/2020). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Yulyandi

RILIS.ID, Waykanan – Jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Waykanan cukup tinggi. Yakni 44 kasus di Januari dan 27 kasus dari 1 hingga 12 Februari 2020.

Untuk mengantisipasi kenaikan penderita DBD, Dinas Kesehatan Waykanan bekerjasama dengan Puskesmas Blambanganumpu melakukan penyemprotan terfokus atau fogging focus di sejumlah tempat yang menjadi endemi.

Dengan kata lain, penyemprotan dilakukan di daerah yang warganya sudah ada yang positif mengidap DBD. Langkah ini untuk mengurangi jumlah nyamuk dewasa yang menyebarkan virus penyebab DBD, yakni aedes aegypti.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM),  Didy Arwadi, menyampaikan sudah lumayan banyak lokasi yang sudah disemprot.

”Seperti hari ini (12/2/2020, Red) di Kampung Umpu Bhakti Kecamatan Blambanganumpu, Waykanan. Ada empat titik yang disemprot,” paparnya.

Waktu penyemprotan benar-benar dipilih, mengincar nyamuk-nyamuk dewasa yang hendak memulai beraktivitas. Dari sisi pencegahan hal ini dianggap tepat untuk membunuh serangga itu.

Didy juga menghimbau, kepada masyarakat agar lebih mengutamakan pembersihan sarang nyamuk, karena fogging hanya efektif pada nyamuk dewasa, namun jentik nyamuk masih bisa tetap hidup. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID