Debat Perdana Dievaluasi, Begini Teknis Debat Kedua - RILIS.ID
Debat Perdana Dievaluasi, Begini Teknis Debat Kedua
Taufik Rohman
Senin, 2018/04/16 21.01
Debat Perdana Dievaluasi, Begini Teknis Debat Kedua
Komisioner KPU Lampung, Solihin, saat diwawancarai di Aula KPU Lampung, Senin (16/4/2018).FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Taufik Rohman

RILIS.ID, Bandarlampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung sudah menyiapkan materi untuk debat kandidat kedua Pilgub Lampung yang dijadwalkan Sabtu (28/4/2018) mendatang. Hal itu setelah KPU melakukan evaluasi debat kandidat pertama beberapa hari lalu. 

Menurut Komisioner KPU Lampung, Solihin berdasarkan evaluasi debat perdana, maka debat kedua nanti lebih banyak perubahan teknis.

Dari segi durasi debat, semula dijadwalkan 90 menit namun dinamikanya bagus, sehingga melebihi bahkan sampai 2,5 jam. 

"Itu yang kita evaluasi salah satunya, kemudian dari segmen pertama penyampaian visi misi 3 menit terkait dengan tema debat sudah cukup, hanya topiknya saja," kata Solihin, di KPU, Senin (15/4/2018). 

Kemudian di segmen kedua pasangan calonnya diberi waktu 2 menit waktu debat pertama, di debat kedua ini rencananya akan dilakukan inovasi lagi. 

“Jadi tidak hanya moderator bertanya kepada pasangan calon saja, tapi ada interaksi lagi. Usai paslon menjawab yang ditanyakan moderator dengan waktu dua menit, paslon lain boleh berkomentar satu menit. Kemudian boleh dijawab lagi oleh paslon yang ditanya, sehingga ada interaksi dan suasananya hidup. Kalau kemarin kan moderator bertanya ke paslon kemudian paslon hanya menjawab, yang lain diam," jelasnya. 

Sedangkan di segmen ketiga, lawan berkomentarnya ditentukan moderator. Segmen keempat full debat, paslon lain boleh berkomentar lagi.

"Segmen kelima yang gimik-gimik itu jawab cepat tetap dipertahankan, karena itu yang seru, closing statement tetap diakhir tapi waktunya tidak 3 menit, cukup 1 menit saja, biar simpel, " katanya. 

Selain itu, setting panggung juga akan dirubah. Pertama; berkaitan pendukung agar tidak berdiri di kursi. “Jadi nanti posisi panggung akan membentuk U, sehingga semua audiens dan pendukung lebih dekatan dengan paslon, tidak seperti yang debat perdana sangat jauh," katanya. 

Kedua; masalah durasi waktu tetap 90 menit, dan tempat pun, kata Gus Coing panggilan akrabnya Solihin, tetap di Novotel. "Disana karena kita lihat lebih representatif, jadi tetap disitu," jelasnya.

Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono menambahkan, secara umum hasil evaluasi KPU, debat perdana sudah berjalan lancar. Namun rencananya dewan pakar sebelum hari H akan menggelar konpres dengan media. 

"Mungkin satu hari dua hari sebelum debat kedua, tim kita menyarankkan agar dewan pakar mengundang press rilis media agar ada penjelasan, sembilan orang tim pakar ada siaran pers sebelum debat," katanya. (*)

 

 

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)