Dewan Pers Sosialisasikan Indeks Kemerdekaan Pers - RILIS.ID
Dewan Pers Sosialisasikan Indeks Kemerdekaan Pers
Kalbi Rikardo
Kamis | 28/11/2019 09.44 WIB
Dewan Pers Sosialisasikan Indeks Kemerdekaan Pers
Sosialisasi hasil Indeks Kemerdekaan Pers 2019 di Hotel Horison, Bandarlampung, Kamis (28/11/2019). FOTO:RILISLAMPUNG.ID/Kalbi Rikardo

RILIS.ID, Bandarlampung – Dewan Pers menggelar sosialisasi hasil Indeks Kemerdekaan Pers 2019, di Hotel Horison Lampung, Kamis (28/11/2019).

Pemaparan hasil Indeks Kemerdekaan Pers akan disampaikan oleh anggota Dewan Pers Hassanein Rais. Kegiatan juga menghadirkan mantan Ketua Dewan Pers Bagir Manan dan anggota Dewan Pers Asep Setiawan.

Dewan Pers sudah melakukan empat putaran survei Indeks Kemerdekaan Pers (IKP).

Survei dalam putaran pertama telah dilaksanakan di 24 provinsi, putaran kedua 30 provinsi, putaran ketiga dan keempat mencakup seluruh Indonesia.

Survei menggunakan metode purposive yaitu metode meminta penilaian informasi ahli yang berasal dari akademisi, pejabat pemerintah, hakim, jaksa, kepolisian serta masyarakat sipil.

Dalam survei ini, responden diminta pendapatnya atas sejumlah IKP 2019 di daerah tinggalnya masing-masing. Kemudian hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk analisa deskriptif.

Pengukuran indeks mendasarkan pada prinsip-prinsip hak asasi manusia universal. Indeks ini merupakan kerangka kerja untuk membandingkan dan menemukan keadaan kemerdekaan pers dari berbagai provinsi (dan antara provinsi dan nasional).

Untuk mendapakan nilai akhir dari Indeks Kemerdekaan Pers Indonesia tahun 2019 dan merumuskan sejumlah agenda kedepannya, proses survei diakhiri dengan forum National Assesment Council (NAC). (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID