Dimulai Oktober, Satu RTLH di Tubaba Diguyur BSPS Rp17,5 Juta - RILIS.ID
Dimulai Oktober, Satu RTLH di Tubaba Diguyur BSPS Rp17,5 Juta
Joni Efriadi
Jumat | 23/08/2019 10.53 WIB
Dimulai Oktober, Satu RTLH di Tubaba Diguyur BSPS Rp17,5 Juta
Program BSPS Kementerian PUPR. FOTO: IST

RILIS.ID, Tulangbawang Barat – Kabar baik bagi warga Tulangbawang Barat (Tubaba) yang belum memiliki rumah layak huni. Pasalnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan menggelontorkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pada Oktober nanti.

Setidaknya ada 300 unit rumah tidak layak huni (RTLH) yang akan mendapat bantuan. Lokasinya tersebar di sejumlah desa atau tiyuh di empat kecamatan.

Yakni Kecamatan Tulangbawang Tengah 150 unit, Tulangbawang Udik 60 unit, Kecamatan Lambukibang 60 unit dan Pagardewa 30 unit.

“Setiap satu tiyuh mendapatkan bantuan 30 unit dan penerimanya sudah ditentukan pihak kementerian,” kata Kabid Permukiman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Tubaba Guntur Parda Jaya , Jumat (23/8/2019).

Tahun ini, lanjut Guntur, satu rumah tidak layak huni akan menerima dana sebesar Rp17,5 juta. Bantuan ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp15 juta.

“Pembagiannya, senilai Rp15 juta digunakan untuk komponen bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah kerja. Bantuan ini langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima. Bantuan ini nantinya tidak berbentuk tunai tetapi bahan bangunan,” jelasnya.

Guntur menambahkan tim survei dan tenaga ahli dari Kementerian PUPR tengah melakukan verifikasi dan validasi warga yang bakal menerima BSPS.

“Kita menargetkan bantuan bedah rumah melalui program BSPS ini mulai berjalan pada Oktober 2019 mendatang,” ujarnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID