Dinkes Catat Ada 800 Kasus DBD Selama 2019 - RILIS.ID
Dinkes Catat Ada 800 Kasus DBD Selama 2019

Senin | 09/12/2019 21.20 WIB
Dinkes Catat Ada 800 Kasus DBD Selama 2019
Kepala Dinas Kesehatan, Edwin Rusli, Foto: rilislampung.id/El Shinta

RILIS.ID, – Sepanjang tahun 2019, Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung mencatat sedikitnya ada 800 kasus DBD yang terjadi di Kota Tapis Berseri. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Edwin Rusli, saat ditemui di sekitar kantor Pemerintah Kota Bandarlampung, Senin (9/12/2019).

Edwin menerangkan, menurut data yang ada sepanjang Januari hingga awal Desember 2019 untuk kasus DBD di Bandarlampung kurang lebih sebanyak 800 kasus DBD. 

"Tapi untuk jumlah tersebut, menurun dibanding tahun 2018 dan pada tahun ini tidak ada yang menjadi korban, sedangkan pada tahun sebelumnya satu korban meninggal dunia," ungkapnya. 

Edwin mengatakan, menurunnya jumlah kasus DBD di Bandarlampung, dipengaruhi dengan tingkat kesadaran masyarakat yang mulai mengerti dan tinggi. Selain itu, di setiap wilayah, Puskesmas selalu siap menanggaoi apabila terdapat laporan dari masyarakat. 

"Kita terus lakukan upaya pencegahan dengan melakukan fogging dan juga abatesasi yang diberkan ke masyarakat secara gratis, dimana bubuk abate tersebut bisa kita ambil di puskemas terdekat," ujarnya. 

Selain itu,  Edwin juga menjelaskan untuk penyebaran kasus DBD tidak berdasarkan wilayah,  karena sifat DBD sendiri sama seperti malaria yang sifatnya merata. "Kalau wilayah semuanya sama, hanya saja yang perlu diwaspadai memasuki musim hujan adalah penyakit malaria, karena faktor penyebabnya sama dengan DBD yakni nyamuk," ujarnya. 

Oleh sebab itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk terus dan selalu menjaga kebersihan, karena itu merupakan langkah utama untuk kita bisa mengantisipasi penyakot-penyakit tersebut. 

"Makanya mulai pergantian peralihan musim ini kita sudah mulai melakukan antisipasi tersebut seperti fogging dan lainnya," pungkasnya. 

 


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID