Ekspedisi Darat ke-34 Gubernur Bedah Keunggulan Lampung - RILIS.ID
Ekspedisi Darat ke-34 Gubernur Bedah Keunggulan Lampung
[email protected]
Sabtu | 22/09/2018 10.13 WIB
Ekspedisi Darat ke-34 Gubernur Bedah Keunggulan Lampung
rapat persiapan menyambut kedatangan Tim Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Jumat (21/9/2018). FOTO: HUMAS PEMPROV LAMPUNG

RILIS.ID, Bandarlampung – Pemprov Lampung menggelar rapat persiapan menyambut kedatangan Tim Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Pembahasan terkait ekspedisi jalur darat ke-34 gubernur yang direncanakan tiba di provinsi ini pada 30 September 2018.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hery Suliyanto, mengatakan tim yang terdiri dari delapan orang akan menilai inovasi unggulan dan potensi daerah dari tiap provinsi yang selama ini belum terdokumentasikan. Mereka dari unsur APPSI, wartawan, serta fotografer.

"Diharapkan dukungan dari semua OPD untuk memberi masukan dan support sesuai tugas dan fungsi masing-masing,” kata Hery saat rapat koordinasi persiapan penyambutan bersama seluruh OPD terkait di lingkungan Pemprov Lampung, Jumat (21/9/2018).

Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung Bayana menerangkan, tim direncanakan akan beraudiensi dengan Gubernur Muhammad Ridho Ficardo. Ini terkait inovasi unggulan, terobosan, dan potensi yang dimiliki Provinsi Lampung. 

”Tim juga akan mengeksplorasi keunggulan geografis ekonomi dan potensi sumber daya alam Provinsi Lampung," kata Bayana.

Berbagai prestasi yang diraih Lampung termasuk salah satu yang menjadi pokok bahasan. Di antaranya di bidang infrastruktur, sektor pariwisata, dan penanganan konflik, di mana Lampung menjadi provinsi terbaik secara nasional dalam beberapa tahun terahir.

Tren kenaikan daya saing Lampung pun sangat menonjol dalam tiga tahun terakhir. Pada 2015, posisi Lampung dari 34 provinsi masih di 25, kemudian naik ke 14, dan sekarang di rangking 11, hampir masuk 10 besar. Hal ini tentu saja karena keberhasilan Lampung mengelola berbagai potensi dalam program pembangunan Provinsi Lampung yang terintegrasi.

Kegiatan ekspedisi jalur darat sendiri diikuti 34 Gubernur di Indonesia. Tahun ini bertajuk Perjalanan 133 Hari & 21.000 Kilometer Jelajah Nusantara. Acara dimulai dengan pelepasan yang digelar di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, 7 September 2018.

Kemudian ekspedisi akan melintasi 34 provinsi di Indonesia, 514 kabupaten/ kota dan 74.093 desa yang meliputi wilayah Pulau Sumatera hingga Papua.

Perjalanan rencananya berakhir di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada 19 Januari 2019 dan ditutup dengan program APPSI Award. (*)

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID