Embarkasi Belum Direstui, Pemprov Yakinkan Kemenag Bandara Clear - RILIS.ID
Embarkasi Belum Direstui, Pemprov Yakinkan Kemenag Bandara Clear
Bayumi Adinata
Jumat | 11/01/2019 18.45 WIB
Embarkasi Belum Direstui, Pemprov Yakinkan Kemenag Bandara Clear
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Anto RX

RILIS.ID, – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah menetapkan Bandara Radin Inten II, Branti Kabupaten Lampung sebagai Bandara Internasional. Namun, hingga kini Kementerian Agama (Kemenag) belum merestui embarkasi haji di Lampung.

“Alasannya belum dipenuhi itu karena terkait dengan kondisi existing bandara," ujar Kepala Dishub Lampung Qodratul Ikhwan, usai rapat persiapan pelayanan operasional Bandara Internasional Radin Inten II di ruang rapat utama lingkungan Pemprov Lampung, Jumat (11/1/2019).

Qodratul menjelaskan bahwa sementara kondisi yang belum memenuhi itu sebetulnya sudah diatasi dan sudah clear. Jadi, tak ada lagi alasan Kemenag menolak embarkasi haji penuh.

"Iya Senin (7/1/2019) surat balasan dari ke Kemenag ke Gubernur Lampung sudah dibalas, tidak dipenuhi (embarkasi haji, Red)," paparnya.

Namun lanjut Qodratul, gubernur segera membuat surat untuk menegaskan bahwa bandara itu sudah clear  sehinga bisa digunakan untuk penerbangan Pesawat AirBus A330-300.

"Tapi kita menunggu surat dari bandara dulu. Surat dari Bandara itu menyatakan bahwa Pemprov Lampung sudah menghibahkan lahan landasan di bandara, salah satu memenuhi syarat balasan Kemenag. Memang landasan itu masih milik Pemprov Lampung," kata dia.

Terpisah, Pj. Sekprov Lampung Hamartoni Ahadis menambahkan sebenarnya kalau melihat ke belakang, salah satu persyaratannya bahwa statusnya harus bandara internasional dulu.

Nah, sekarang sudah internasional, kenapa harus tidak dipenuhi dari Kemenag terkait embarkasi haji penuh?

“Kami akan coba komunikasi lagi dengan Kemenag agar embarkasi ini bisa dilakukan seiring dengan status bandara internasional itu," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Aset dan Perlengkapan Fauziah membenarkan terkait hibah lahan landasan tersebut.

Sebelumnya, Pemprov sudah menghibahkan lahan seluas 26,7 Hektar ke Bandara Radin Inten II. "Rencananya kita cek ke lapangan, berapa yang akan dihibahkan lagi," tutur dia. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID