Gagal Terpilih, 10 Caleg Rawat Jalan di RSJ Lampung - RILIS.ID
Gagal Terpilih, 10 Caleg Rawat Jalan di RSJ Lampung

Senin | 06/05/2019 21.49 WIB
Gagal Terpilih, 10 Caleg Rawat Jalan di RSJ Lampung
Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lampung, Ansyori. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Bayumi Adinata

RILIS.ID, Bandarlampung – Terpilih menjadi wakil rakyat dan duduk sebagai anggota dewan, menjadi tujuan para kontestan mengikuti pemilihan legislatif (pileg).

Dibutuhkan kesiapan pikiran, fisik, keuangan, dan mental untuk mengikuti kontestasi pileg. Sebab, pileg menguras pkiiran, tenaga, dan mengeluarkan biaya sebagai cost politic’. (Berita ini bisa juga dibaca di Koran RILISID LAMPUNG, Senin 6 Mei 2019).

Pasca pileg sangat diperlukan kesiapan mental yang kuat. Jika tidak siap menerima kekalahan, maka caleg berpotensi tinggi untuk mengalami tekanan mental. Bahkan, gangguan kejiwaan yang mengarah perubahan perilaku.

Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lampung, Ansyori mengatakan ada kurang lebih 10 caleg yang rawat jalan di RSJ ini.

“Namun ke 10 orang caleg tersebut tidak bisa kita publikasikan namanya. Ya harus dirahasiakan dong, enggak boleh nama mereka kita sebutkan, kasihanlah," kata dia saat ditemui di Bandara Radin Inten II Branti Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (4/5/2019).

Menurut, Ansyori sebenarnya para pasien saat itu hanya mencantumkan pekerjaan swasta dalam data administrasi. Di sisi lain, kami pihak rumah sakit tidak hafal wajah-wajah para caleg yang maju di Pemilu kemarin.

“Cuma kami hafal dia caleg atau bukan. Sebab pemilu sebelumnya kebanyakan kalau orang-orang seperti (caleg) ini larinya ke psikiater yang praktik di rumah. Banyak juga psikiater yang punya rawat inap sendiri, makanya mereka rawat jalan," ujarnya.

Masih kata, Ansyori rata-rata caleg biasanya stres dan gangguan jiwa setelah gagal terpilih, setelah sebelumnya keluar banyak uang untuk modal kampanye.

"Tidak semua orang bisa menerima. Kadang ada yang mikir terus, karena banyak utang dan lain-lain. Ini yang akhirnya nggak tambah waras, tapi tambah stres," ucapnya. 

Terpisah, Humas Rumah Sakit Jiwa, David menambahkan bahwa ada 20 kamar yang kita sediakan bagi caleg yang gagal dalam pemilu 2019. 

Kamar sendiri memiliki jenis kelas yang berbeda, mulai dari kelas I, II, III, VIP, hingga VVIP.

"Yang jelas, kami selalu siap menerima konsultasi rawat jalan ataupun rawat inap. Tidak hanya untuk caleg, tapi mungkin juga keluarganya," ujar dia.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID