Gandeng Unpad, Pemkab Tuba Bekali Ratusan Perangkat Kampung soal KPPKD - RILIS.ID
Gandeng Unpad, Pemkab Tuba Bekali Ratusan Perangkat Kampung soal KPPKD
[email protected]
Senin | 18/11/2019 14.47 WIB
Gandeng Unpad, Pemkab Tuba Bekali Ratusan Perangkat Kampung soal KPPKD
Bupati Tulangbawang Winarti mengajak seluruh peserta bimtek untuk swafoto di Swiss-Belhotel Lampung, Senin (18/11/2019). FOTO: IST

RILIS.ID, Bandarlampung – Ratusan perangkat desa di Tulangbawang (Tuba) mengikuti bimbingan teknis Khusus Percepatan Penataan Kewenangan Desa (KPPKD) di Swiss-Belhotel Lampung, Senin (18/11/2019).

Bimtek yang diikuti kepala kampung, sekretaris desa, ketua Badan Pemusyawaratan Kampung (BPK) dan camat itu dibuka oleh Bupati Tuba Winarti.

Kegiatan berlangsung sejak 17 November sampai 20 November. Bimtek menghadirkan Kasubdit Fasilitasi Penataan Kewenangan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soutma Sihombing dan Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran (IKA Unpad).

Juga hadir Asisten I Pemkab Tuba Akhmad Suharyo, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Yendahren, Kadiskominfo Dedi Palwadi, Kepala Bagian Hukum Anuari dan perwakilan Inspektorat.

Dalam sambutannya, Bupati Tuba Winarti menyatakan penyerapan dana desa merupakan suatu hal yang penting. Namun, ia menegaskan bahwa program yang bisa menyentuh masyarakat adalah hal yang tak kalah pentingnya.

Karenanya, Winarti menyampaikan bahwa pihaknya tidak akan pernah menghambat penyaluran dana desa.

"Tapi ingat, (Perangkat desa) kalian punya kewajiban pertanggungjawaban atas dana desa, maka cepat selesaikan dulu SPJ, baru mengajukan lagi," kata Bupati yang akrab disapa Bunda Winarti ini.

Lebih lanjut, Winarti mengatakan bahwa keberhasilan kepala kampung adalah bisa membuat peningkatan perputaran roda perekonomian di wilayahnya masing-masing.

"Jadi jangan ragu dengan dana ekonomi kreatif kita, mari kita tarik dana dari luar untuk investasi di daerah kita," ujarnya.

Ketua IKA Unpad Hikmah Kurnia selaku pelaksana bimtek menuturkan bahwa bimbingan teknis bertujuan membangun kompetensi aparatur desa.

“Perubahan cepat berlalu, aparat kampung (Desa) harus mampu cepat menyesuaikan kemampuan agar bisa memberikan pelayanan terbaik, karena kampung adalah basis pembangunan kita," ucapnya.

Sementara Kasubdit Fasilitasi Penataan Kewenangan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Soutma Sihombing menambahkan bahwa bimtek sangat bermanfaat, sehingga patut untuk diberikan apresiasi.

"Kita harus terus berupaya memperbaiki SDM, karena dengan SDM yang menguasai aturan, maka tata kelola pemerintahan kampung bisa dilaksanakan dengan baik," ujarnya. (Advertorial)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID