Gerobak Sapi Pustaka Rambah Wayharu, di Mana Pemerintah? - RILIS.ID
Gerobak Sapi Pustaka Rambah Wayharu, di Mana Pemerintah?
Gueade
Senin | 26/02/2018 08.49 WIB
Gerobak Sapi Pustaka Rambah Wayharu, di Mana Pemerintah?
Antusias anak-anak di Desa Wayharu menyerbu buku bacaan yang diangkut gerobak pustaka sapi. FOTO: IST

RILIS.ID, Pesisir Barat – Tinggal di daerah terpencil tak menyurutkan minat baca anak-anak di Desa Wayharu Kecamatan Bengkunat Belimbing Kabupaten Pesisir Barat. Mereka langsung menyerbu gerobak sapi pustaka yang berisi ratusan buku bacaan.

Ya, gerobak sapi pustaka adalah murni inisiatif warga, Komunitas Motor Trail (Lampung Out Door), dan Armada Pustaka Lampung. Mereka berkomitmen untuk mengunjungi daerah-daerah dengan akses sangat terbatas guna menyebarkan virus baca.

Pada Selasa (20/2/2018) itu giliran Way Haru, desa yang berjarak 250 kilometer (km) dari pusat kota Kabupaten Pesisir Barat. Karena keterbatasan transportasi, gerobak pustaka hanya bisa mengunjungi tempat itu sepekan sekali.

Warga desa setempat, Margono, berharap kunjungan rutin dilakukan agar kesempatan anak-anak di tempat itu membaca lebih besar. ”Karena dengan membaca, pengetahuan dan semangat anak-anak untuk belajar akan meningkat,” tukasnya.

Guru SDN Bandarjaya Isdiarto menambahkan, di tempat dirinya mengajar memang tidak ada perpustakaan sekolah. Jangankan itu, bangunan sekolah di sana masih berdinding papan, beratap seng, dan berlantai tanah.

”Hanya melihat semangat anak anak untuk belajar sangat tinggi itu yang membuat sekolah ini tetap berdiri tegak. Walaupun angin dan air hujan masuk melalui celah di antara papan dinding sekolah kami,” tuturnya.

Sugeng Hariyono, penggiat literasi di Lampung menjelaskan, hingga kini buku-buku gerobak sapi pustaka masih terbatas jumlahnya. Untuk itu, bagi masyarakat yang mau berdonasi bisa setiap tanggal 17 mengirim buku gratis melalui PT Pos Indonesia dengan mencantumkan kode ”BERGERAK”.

”Alamatkan ke Margono (Gerobak Sapi Pustaka) di Jl. Lintas Wayharu/ Pasar Wayheni Pekon Sumberrejo RT. 01 RW. 01, Bengkunat Belimbing, Pesisir Barat, dengan kode pos 34883. Sertakan juga nomor handphone penerima yakni 081272071960 dan 081271849888,” ajaknya. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID