Hakim Curigai Kapal Milik Zainudin Hasan Selundupan - RILIS.ID
Hakim Curigai Kapal Milik Zainudin Hasan Selundupan
Muhammad Iqbal
Senin | 11/03/2019 12.40 WIB
Hakim Curigai Kapal Milik Zainudin Hasan Selundupan
Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Senin (11/3/2019). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/M.Iqbal

RILIS.ID, Bandarlampung – Direktur PT Jhonlin Marine Trans, Ken Laksono, dihadirkan sebagai saksi atas kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Senin (11/3/2019).

Dalam persidangan tersebut, Ken Laksono dicecar majelis hakim terkait kepemilikan sejumlah kapal yang dibeli Zainudin Hasan dari PT Jhonlin Marine Trans. Salah satunya kapal Princes Diana.

“Itu kan kapal ya, Pak. Bapak sewakan, artinya itu kapal milik PT Jhonlin. Bisa bapak tunjukkan dokumen kepemilikan?," tanya Hakim Ketua Mien Trisnawati kepada Ken Laksono.

“Pertanyaan ini sebelumnya sudah pernah saya jawab saat saya ditanya oleh penyidik KPK. Tapi saya tidak bisa tunjukkan, karena tidak ada (dokumen)," jawab Ken Laksono.

“Ibarat mobil itu kan ada BPKB serta surat menyurat lainnya. Jangan-jangan ini kapal selundupan?,” timpal majelis hakim.

Ken Laksono mengaku kedekatannya dengan Zainudin Hasan bermula pada tahun 2014. Mereka memiliki perjanjian kerja sama sampai 1 Febuari 2019.

“(Zainudin) Beliau saat itu selaku Direktur PT Buana Mitra Bahari, dan pada saat MoU (Memorandum of Understanding/nota kesepahaman), beliau yang menandatangani," ujarnya.

Keduanya sepakat bekerjasama terkait tiga unit kapal pengangkut dan tongkang.

“Pengangkut batu bara, dari pelabuhan ke kapal besar," tandas Ken Laksono. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID