Hamartoni Puji Kesiapan Pemkab Tubaba Gelar MTQ ke-47 - RILIS.ID
Hamartoni Puji Kesiapan Pemkab Tubaba Gelar MTQ ke-47
[email protected]
Selasa | 09/04/2019 20.30 WIB
Hamartoni Puji Kesiapan Pemkab Tubaba Gelar MTQ ke-47
Penjabat Sekprov Lampung Hamartoni Ahadis saat meninjau kesiapan MTQ ke-47 di Tulangbawang Barat, Selasa (9/4/2019). FOTO: HUMAS PEMPROV LAMPUNG

RILIS.ID, Tulangbawang Barat – Penjabat Sekprov Lampung Hamartoni Ahadis mengapresiasi diterapkannya input peserta secara online yang dilakukan Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 yang akan diselenggarakan di Islamic Center Tubaba, pada 27 April sampai 3 Mei.

“Karena untuk pertama kalinya MTQ tingkat Provinsi Lampung memiliki inovasi terbaru dengan ketatnya penerimaan peserta Qari dan Qariah secara online," katanya di Sesat Agung, Bumi Gayo, Komplek Dunia Akhirat Islamic Center Tubaba, Panaragan Jaya, Selasa (9/4/2019).

Dengan sistem ini, menurut Hamartoni, setiap peserta diwajibkan untuk menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) guna memastikan bahwa yang bertanding adalah putra-putri asli daerah Lampung.

“Bukan hanya itu, ketika registrasi ulang sebelum pelaksanaan lomba, setiap peserta juga akan dicek sidik jari dengan bekerjasama dengan Disdukcapil untuk memastikan nama yang diinput dan peserta adalah orang yang sama," jelasnya.

Menurut Hamartoni, MTQ adalah kegiatan rutin tahunan. Namun, yang membedakan setiap tahunnya adalah motivasi dan inovasi dari masing-masing tuan rumah penyelenggara.

“Kita mengapresiasi tuan rumah (Tubaba). Seni, kreasi, dan inovasi yang membedakan keunikan yang dimiliki yang membuatnya berbeda daripada kabupaten-kabupaten yang lain," ucapnya.

Terkait dengan penerimaan peserta, Hamartoni yakin akan baik. Sebab filosofi di Tubaba terkenal dengan sebutan nemen, nedes, nrimo.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bupati dan wabup hari ini progresnya luar biasa. Kita harapkan nantinya kegiatan berjalan aman tertib dan sukses," ujarnya.

Sementara Bupati Tubaba Umar Ahmad menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ kali ini mengangkat konsep pentingnya waktu dalam Islam.

“Dengan berpegang nemen, nedes, nrimo, Pemkab Tubaba siap menjadi tuan rumah pada MTQ ke-47 tingkat Provinsi Lampung tahun 2019," ujarnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID