Harga Bawang Putih di Tanggamus Bikin Pedih - RILIS.ID
Harga Bawang Putih di Tanggamus Bikin Pedih
Adi Yulyandi
Kamis | 13/02/2020 16.45 WIB
Harga Bawang Putih di Tanggamus Bikin Pedih
Pedagang bawang putih di Pasar Kotaagung. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Adi

RILIS.ID, Tanggamus – Kenaikan bawang putih terjadi di lima pasar di Tanggamus. Dari Rp25 ribu per kilogram (kg) kini mencapai Rp50 ribu per kg.

Rinciannya, 1 kg bawang putih di Pasar Kotaagung, Wonosobo, dan Pangkul Rp50 ribu, serta Pasar Gisting dan Talangpadang Rp48 ribu/kg.

Menurut Kasi Perdagangan pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, Yulis, kenaikan baru terjadi seminggu terakhir.

”Yang naik bukan bawang putih dari lokal, tapi Brebes, Jawa Tengah. Kita tidak bisa mengintervensi harga,” paparnya.

Untuk menanggulangi, Yulis berpendapat perlunya pembudidayaan bawang putih. Sehingga, jika terjadi kelangkaan bisa diminimalisasi.

Salah satu staf Dinas Koperasi, Beni, menjelaskan dari hasil pertemuan dengan Dirjen  Perdagangan Dalam Negeri (PDN), Sukanto, di Hotel EL Royale, Bandung, impor untuk bawang putih tidak dibatasi.

”Stok bawang putih cukup sampai Maret 2020. Penghentian impor hanya untuk hewan seperti sapi dan ayam karena virus corona. Masalah ada kenaikan mungkin karena ada yang ’mempermainkan’,” kata Beni mengutip Sukanto, Senin (10/2/2020).

Sementara itu, pedagang bawang putih di Pasar Kotaagung, Anton, menduga kenaikan akibat permintaan sangat banyak, sementara stok terbatas.

”Bahkan bawang putih dari lokal tidak mencukupi sehingga kita ambil dari luar seperti Brebes,” ungkapnya. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID