Hari Libur, Nanang Tinjau Pembangunan Kawasan Agrowisata Lamsel - RILIS.ID
Hari Libur, Nanang Tinjau Pembangunan Kawasan Agrowisata Lamsel
[email protected]
Sabtu | 15/02/2020 16.26 WIB
Hari Libur, Nanang Tinjau Pembangunan Kawasan Agrowisata Lamsel
Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto saat meninjau pembangunan kawasan agrowisata, Sabtu (15/2/2020). FOTO: DISKOMINFO LAMPUNG SELATAN

RILIS.ID, Lampung Selatan – Pelaksana tugas Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto memanfaatkan hari liburnya dengan mengunjungi kawasan agrowisata, yang letaknya tak jauh dari GOR Way Handak, Kalianda, Sabtu (15/2/2020).

Nanang tidak sendirian. Penjabat Sekkab Thamrin dan sejumlah pejabat Pemkab Lamsel turut mendampinginya.

Nanang melihat langsung progres pembangunan agrowisata di atas lahan seluas 20,5 hektare itu.

Sejak digagas tahun lalu, kawasan itu kini mulai tertata rapi. Sejumlah tanaman buah-buahan, seperti durian, mangga, kelengkeng, alpukat dan kelapa puan Kalianda, sudah tumbuh subur.

Kawasan agrowisata juga akan dilengkapi dengan kebun toga PKK, musala, gazebo, kios, menara pandang, pedestarian, gedung serbaguna (GSG), jogging track, lahan parkir, sentra kuliner hasil perikanan serta kolam renang berstandar nasional.

Menurut Nanang, agrowisata merupakan salah satu potensi dalam pengembangan industri pariwisata. Apalagi didukung dengan adanya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Melihat peluang tersebut, Nanang mendapatkan inspirasi untuk mengembangkan kawasan agrowisata yang berjarak 3 kilometer dari pintu tol Kalianda.

"Saat ini, sebagian besar wisatawan arah kunjungannya masih berupa wisata bahari dan wisata budaya. Wisata perkebunan dan pertanian belum banyak, karena persoalan ketiadaan lahan yang memadai, sedangkan kita memiliki lahan, kenapa tidak kita manfaatkan," kata Nanang.

"Wisata pantai kita sudah punya. Wisata religi dan wisata budaya juga sudah ada," sambungnya.

Sementara Pemkab Lamsel memiliki lahan yang tidak terpakai alias lahan tidur. Karenanya, Nanang menginstruksikan jajarannya agar memanfaatkan aset daerah tersebut sebagai kawasan agrowisata.

"Ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat juga, untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pada tahun 2020 ini, Nanang juga akan membangun kawasan ibukota Kalianda tepatnya di jalan lintas Sumatera, mulai dari depan GOR Way Handak hingga akses Tol Kalianda.

Kawasan agrowisata dan wisata kuliner GOR Way Handak merupakan salah satu upaya Pemkab Lamsel menarik wisatawan yang melintasi jalan tol.

"Kita berupaya agar mereka tertarik untuk  singgah menikmati buah segar hasil petikan sendiri yang langsung dari pohonnya atau sekadar jalan-jalan menghirup udara segar serta pemandangan kebun buah yang sangat jarang dijumpai di kota," pungkas Nanang.

Selain itu, Pemkab Lamsel juga berencana membangun air mancur sebagai landmark Kota Kalianda yang berada dekat Masjid Agung Kalianda. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID